ADVERTISEMENT

Cerita Arus Balik 6 Mei Semarang-Serpong 10 Jam, Terbantu One Way-Contraflow

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Jumat, 06 Mei 2022 18:51 WIB
Pengalaman pemudik pulang dari Semarang ke Tangsel di puncak arus balik (Dok. detikcom)
Pengalaman pemudik pulang dari Semarang ke Tangsel di puncak arus balik. (Dok. detikcom)
Jakarta -

Puncak arus balik Lebaran 2022 dimulai sejak hari ini. Pemudik menceritakan pengalamannya pulang dari Semarang, Jawa Tengah, menuju Tangerang Selatan (Tangsel) via jalan tol dengan adanya one way dan contraflow.

Pembaca detikcom bernama Irawan menceritakan pengalamannya kembali dari kampung halaman di Semarang ke rumahnya di Serpong, Tangerang Selatan. Dhani menghabiskan waktu 10 jam perjalanan.

Irawan bersama keluarganya berangkat subuh tadi sekitar pukul 04.20 WIB dari Krapyak, Semarang. Dhani mengatakan dirinya sempat terkena macet di beberapa titik di tol ke arah Jakarta.

"Berangkat jam 04.20 WIB, start dari Krapyak, Semarang. Terus ada beberapa titik macet sekitar rata-rata sih 5 km ke belakang jelang rest area. Yang sempat saya perhatiin itu adalah di Km 296. Terus Km 265, Km 243, sama Km 213," kata Irawan, Jumat (6/5/2022).

Kemacetan itu mayoritas disebabkan oleh banyaknya kendaraan yang berhenti di bahu jalan. Selain itu, kemacetan disebabkan kecelakaan dan antrean masuk ke rest area.

"Itu tapi ada 1 macet juga yang ada kecelakaan, tapi cuma 1. Selebihnya didominasi kalau nggak rest area, kalau nggak banyak banget mobil di bahu jalan, banyak banget. Buat rehat," tuturnya.

Kemudian, Irawan memutuskan beristirahat sejenak di Rest Area Km 207. Dia berhenti selama 40 menit.

Setelah itu, Irawan melanjutkan perjalanan. Sesampainya di Gerbang Tol (GT) Palimanan, dia mendapati arus ke arah Jakarta sudah mulai one way.

"Terus saya ambil one way dari GT Palimanan sampai ke GT Cikampek Utama. Pas di GT Cikampek Utama, yang contraflow kanan malah agak tersendat, sedangkan yang kiri lebih lancar. Tapi ujungnya masih sama tuh," kata Irawan.

Irawan turut menjelaskan suasana arus lalin di Gerbang Tol Cikampek Utama (Cikatama). Di sana, kendaraan dari Jawa diberikan satu lajur contraflow di sebelah kanan. Sebagai catatan, saat Irawan melintas, one way belum diperpanjang dari Km 414 ke Km 47.

Irawan mengungkapkan jalur di sebelah kanan lebih lancar ketimbang jalur kiri (jalur yang sebenarnya). Irawan merasakan kenikmatan berkendara dengan lancar sampai Km 52.

"Saya ambil kanan satu jalur, itu lebih lancar dibandingkan yang jalur sebenarnya, yang kiri. Kanan itu loss banget sampai sekitar Km 52," jelasnya.

"Jadi kalau yang ambil contraflow, itu tidak bisa masuk ke MBZ, tapi malah lebih lancar di bawah. Sampai akhirnya dari situ ramai lancar di JORR," sambung Irawan.

Irawan membeberkan dirinya tiba di Serpong, Tangsel, pukul 14.31 WIB. Irawan merasakan perjalanan pulang kembali ke tempatnya tinggal saat ini cukup lancar.

"Sampai akhirnya di Serpong itu 14.31 WIB. Perjalanan kurang-lebih 10 jam, ya bisa dibilang lumayan lancar," imbuhnya.

Dear pembaca, detikcom mengajak para pembaca ikut berkontribusi memberikan informasi dan foto kondisi lalu lintas maupun peristiwa yang ditemui saat dalam perjalanan arus balik.

Simak video 'Alasan Pemotor Pilih Balik Mudik Hari Ini: Hindari Kemacetan!':

[Gambas:Video 20detik]



Informasi dapat dikirimkan ke alamat e-mail redaksi@detik.com dan jangan lupa melampirkan nomor telepon yang dapat dihubungi.

(drg/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT