ADVERTISEMENT

Kapolri: 549 Ribu Kendaraan Masuk Arah Jakarta, Peningkatan Terus Terjadi

Anggi Muliawati - detikNews
Jumat, 06 Mei 2022 19:37 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan pengecekan pos pengamanan di Km 3+500 Tol Cawang arah Cikampek. Kapolri menyebut hingga kini ratusan ribu kendaraan mengarah ke Jakarta dan akan terus ada peningkatan.

Jenderal Sigit ditemani Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, Karo Penmas Brigjen Ahmad Ramadhan, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, dan Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan, di Pospam Km 3+500 Operasi Ketupat Jaya 2022, Jumat (6/5/2022).

"Baru saja kita me-monitoring terkait perkembangan arus balik tadi siang jam 14.00 telah diberlakukan one way di Kalikangkung mengarah ke Jakarta km 47," kata Sigit di Pospam 3+500.

Sigit mengatakan di Km 70 menuju Km 47 diberlakukan one way. Sedangkan dari Km 47 menuju Km 28 diberlakukan contraflow.

"Dari proses perjalanan one way maka kita liat kepala one way sudah masuk di Km 70 kurang-lebih sekitar 3 sampai 4 jam, jadi kemudian kita liat dari mulai Km 70 ke Km 47 diberlakukan one way dan kemudian 47 sampai 28 diberlakukan contraflow," katanya.

Sigit menyebut perjalanan arus balik one way pada pukul 14.00 WIB lancar. Namun, menurutnya, kepadatan kendaraan pada arus balik meningkat.

"Kita liat tadi seluruh perjalanan lancar dan kenapa dari pukul 14.00 tadi dilaksanakan one way karena dari barometer yang ada angka kepadatan sudah mulai meningkat di atas 3.700, bahkan di dua jam di atas 5.000 sehingga mau tidak mau one way terus dilakukan," tuturnya.

Berdasarkan data terkini, ratusan ribu kendaraan mengarah ke Jakarta lewat tol. Arus kendaraan lewat tol, menurut Jenderal Sigit akan terus meningkat saat puncak arus balik.

"Dari data yang ada sampai saat ini ada kurang lebih ada 549 ribu kendaraan yang melintas masuk ke arah Jakarta artinya masih ada kurang-lebih 1,7 juta yang melalui tol, kurang-lebih 480.833 yang melalui arteri tentunya peningkatan arus akan terus terjadi," imbuhnya.

Simak juga video 'Imbas One Way Arus Balik, Lalin di Kalimalang Macet':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/imk)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT