Jumlah Pengunjung Menurun, TMII Lengang Pagi Ini

Wildan Noviansah - detikNews
Jumat, 06 Mei 2022 11:05 WIB
Taman Mini Indonesia Indah pagi ini masih sepi pengunjung (Wildan/detikcom)
Foto: Taman Mini Indonesia Indah pagi ini masih sepi pengunjung (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Suasana di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur berbeda dengan hari-hari sebelumnya pagi ini. TMII terlihat lengang.

Pantauan detikcom di lokasi, Jumat (6/5/2022) pukul 09.40 WIB, terlihat beberapa kendaraan yang sudah mulai memasuki TMII. Namun, volume kendaraan yang datang tidak sebanyak beberapa hari kemarin di jam yang sama.

Di dalam kawasan TMII, terlihat beberapa objek seperti anjungan masih sepi pengunjung. Namun, di beberapa titik seperti Taman Anak-anak Indonesia, sudah mulai didatangi para pengunjung.

Assistant Vice President TMII, Leonardus Adityo Nugroho, mengatakan, per pukul 09.00 WIB pagi ini, tercatat 2.600 pengunjung sudah masuk TMII. Angka ini mengalami penurunan hampir 50% dibanding hari kemarin.

"Terakhir pagi ini jam 09.00 WIB itu ada 2.600 pengunjung. Ada penurunan (dari kemarin), di jam yang sama sekitar 3.500 sampai 4.000 jam segini," ujar Leo.

Leo menjelaskan, penurunan di pagi ini disebabkan banyak pengunjung yang akan datang setelah salat Jumat. Selain itu, puncak arus balik juga menjadi salah satu penyebabnya.

"Kemungkinan karena ini hari Jumat, banyak orang yang mungkin mereka mau berangkat siang atau mau merencanakan besok. Arus balik itu cukup berdampak," tuturnya.

Meskipun ada penurunan jumlah pengunjung pagi ini, namun Leo memprediksi jumlah total pengunjung hari ini diperkirakan masih bisa mencapai angka di atas 10 ribu orang.

"Hari ini kemungkinan pengunjung turun dibandingkan hari Kamis. Akan tetapi, kami prediksi masih di atas 10 ribu hingga pukul 17.00 WIB," kata Leo.

Sebelumnya, Leo mengatakan warga yang parkir di sisi jalan menjadi kendala kemarin. Dia memprediksi pengunjung TMII hari ini akan sama seperti kemarin.

"Masih sama kayak hari kemarin, orang parkir di pinggir jalan bikin macet gitu aja. Kalau prediksinya, besok itu sebenarnya hampir sama saja. Hampir sama seperti sekarang. Kalaupun ada penurunan, nanti penurunan sedikit, kalau lebih, hampir sama, kok," ucapnya, Kamis (5/5).

Dia mengatakan TMII juga menyiapkan masjid untuk salat Jumat. Menurutnya, masjid di TMII bisa menampung sekitar 400 jemaah.

"Kalau penurunan dikarenakan salat Jumat, pada salat Jumat, itu ada beberapa orang yang akan salat Jumat itu, kita ada masjid di dalam (TMII), ada imamnya, (menampung) sekitar 300-400 orang," ujarnya.

Lihat juga video 'H+2 Lebaran, TMII Dikunjungi Lebih Dari 20 Ribu Wisatawan':

[Gambas:Video 20detik]




(drg/drg)