ADVERTISEMENT

Masuk Sekolah Setelah Lebaran 2022 di DKI Jadi 12 Mei, Cek Info Lengkapnya!

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Kamis, 05 Mei 2022 13:13 WIB
Masuk sekolah setelah Lebaran 2022 berubah menjadi 12 Mei 2022. Tujuannya untuk antisipasi kemacetan yang mungkin terjadi saat arus balik mudik Lebaran.
Masuk Sekolah Setelah Lebaran 2022 Diundur Jadi 12 Mei 2022 (Foto: A.Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Masuk sekolah setelah Lebaran 2022 berubah tanggal menjadi 12 Mei 2022. Perubahan tersebut diterapkan sebagai langkah antisipasi kemacetan yang mungkin terjadi saat arus balik mudik Lebaran.

Sebelumnya, tanggal masuk sekolah setelah Lebaran 2022 adalah 9 Mei. Berikut informasi selengkapnya tentang tanggal masuk sekolah setelah Lebaran.

Apakah Libur Sekolah Diperpanjang? Ya, Perpanjangan 3 Hari

Masuk sekolah setelah Lebaran 2022 yang semula tanggal 9 Mei 2022 berubah menjadi 12 Mei 2022. Perpanjangan tiga hari tersebut untuk membantu mengurai kemacetan arus balik Lebaran 2022.

"Kemendikbud-Ristek menanggapi dengan positif hasil koordinasi dengan Kemenhub terkait upaya bersama dalam membantu mengurai kemacetan pada arus balik Lebaran 2022, utamanya di kawasan Jabodetabek," ungkap Plt Kepala Biro Kerja Sama dan Humas Kemendikbud-Ristek Anang Ristato saat dimintai konfirmasi, Kamis (4/5/2022).

Libur Sekolah Diperpanjang: Berlaku di DKI Jakarta, Jabar, dan Banten

Tanggal terbaru masuk sekolah setelah Lebaran 2022 yang baru saja ditetapkan oleh Kemendikbud berlaku di tiga provinsi, yakni DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten. Pihak Kemendikbud akan berkoordinasi dengan masing-masing pemprov terkait hal tersebut.

"Untuk itu, Kemendikbud-Ristek menindaklanjuti dengan berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten untuk memberikan fleksibilitas penambahan masa libur sekolah selama tiga hari hingga 12 Mei 2022," kata Anang.

Nantinya, pemprov akan berkoordinasi dengan pemerintah di kabupaten/kota masing-masing. Dia mengatakan keputusan ini masih terus disosialisasikan.

"Lebih lanjut, pemerintah provinsi telah berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten/kota di wilayah masing-masing. Keputusan ini akan disosialisasikan oleh pemerintah daerah untuk diterapkan sebagaimana mestinya," lanjut Anang.

Masuk Sekolah Setelah Lebaran 2022 Diperpanjang: Antisipasi Kepadatan Lalu Lintas

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dindikbud) Provinsi Banten memutuskan bahwa jadwal masuk SMA-SMK adalah 12 Mei 2022. Hal itu dilakukan berdasarkan kebijakan pemerintah pusat untuk mengantisipasi kemacetan arus balik Lebaran.

"Ini kebijakan pusat, daerah perbatasan seperti DKI, Banten, Jateng, nggak tahu yang lain ya, Pak Dirjen mengarahkan agar masukannya diundur menjadi tanggal 12 Mei, ini dimaksudkan untuk mengantisipasi padatnya arus balik," ucap Kepala Dindikbud Banten, Tabrani, saat diwawancarai detikcom, Rabu (4/5/2022).

Kebijakan tersebut dibuat agar tidak ada kepadatan lalu lintas yang datang ke wilayah Banten, seperti ke Kabupaten Tangerang, Tangerang Selatan, Kota Tangerang, atau wilayah lain yang memiliki banyak penduduk mudik. Perubahan tanggal masuk sekolah setelah Lebaran 2022 diharapkan dapat mengurangi kepadatan lalu lintas karena kepulangan serentak di tanggal 8 Mei.

Simak Video 'Jasa Marga Imbau Hindari 8 Mei untuk Balik ke Jabodetabek':

[Gambas:Video 20detik]



(kny/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT