Parkiran Tebet Eco Park Jaksel Penuh, Mobil Parkir di Bahu Jalan

Mulia Budi - detikNews
Kamis, 05 Mei 2022 10:31 WIB
Mpbil parkir di bahu jalan karena parkiran Tebet Eco Park penuh (Mulia/detikcom)
Mobil parkir di bahu jalan karena parkiran Tebet Eco Park penuh. (Mulia/detikcom)
Jakarta -

Antusiasme masyarakat untuk berkunjung ke Taman Tebet Eco Park, Jakarta Selatan (Jaksel), pada libur Lebaran masih tinggi. Hari ini kendaraan pengunjung sampai parkir di bahu jalan.

Pantauan detikcom di lokasi, Kamis (5/5/2022) sekitar pukul 09.40 WIB, parkiran untuk mobil di dalam area Tebet Eco Park tampak penuh. Ada 20 mobil yang kini terparkir di dalam parkiran itu.

Di pintu masuk parkiran, tampak petugas menutup jalan menggunakan kerucut oranye dan tali sebagai tanda parkiran mobil telah penuh. Sementara itu, parkiran untuk motor di area Tebet Eco Park masih tersedia.

Terlihat di Jl Tebet Barat Raya mobil para pengunjung mengular di bahu jalan. Aktivitas lalu lintas di sekitar area Tebet Eco Park berjalan lancar.

Namun kendaraan yang melintas berhenti sesaat untuk mempersilakan kendaraan lain melintas terlebih dahulu. Hal itu dikarenakan bahu jalan tidak lagi muat untuk berpapasan dua mobil akibat penuhnya kendaraan yang mengular.

Salah satu petugas pengamanan dalam (pamdal) di pintu masuk parkiran area Tebet Eco Park, Muktar, mengatakan saat dirinya mulai bertugas, parkiran sudah penuh. Dia mulai bertugas pukul 07.30 WIB hari ini.

"Lahan parkir memang adanya segini doang, sudah nggak ada lagi soalnya. Jam 07.30 WIB saya udah aplusan datang ke sini sudah full, sudah penuh," kata Muktar di area parkiran Tebet Eco Park.

Dia mengatakan bakal membuka pintu masuk parkiran untuk mobil jika parkiran ada yang kosong. Muktar menyebut kapasitas parkiran area Eco Park memuat sekitar 20 mobil dan 100 motor.

"Kondisi untuk kendaraan roda empat ya untuk sekarang sudah full semua. Jadi istilahnya, umpama nanti ada yang keluar satu, baru bisa masuk lagi satu. Jadi saling tunggu, saling bergantian saja. Kalau untuk parkir motor, masih bisa," tuturnya.

"Soalnya, ini posisi kalau pintu masuk saja untuk pengunjung pasti sudah ramai. Kalau untuk mobil kurang lebih (hanya muat) sekitar 20 mobil. Kalau motor, bisa untuk 100 motor," sambung Muktar.

Lebih lanjut, dia mengaku ada pula pengunjung yang memaksa masuk ke area parkir meski sudah dihentikan. Muktar pun melarang pengunjung masuk jika parkiran telah penuh.

"Kayak kemarin dia nggak kebagian tempat atau nggak kebagian parkiran, nah dia marah-marah. Kita kan kalau sudah full, motor kadang-kadang juga saya tutup. Istilahnya ya marah-marah, gini-gini-lah, nggak tahu masalah ngomong apa, ngedumel," imbuhnya.

Simak juga 'Main Trampolin-Alat Olahraga di Tebet Eco Park':

[Gambas:Video 20detik]




(drg/drg)