ADVERTISEMENT

Motor Cegat Mobil di Jakbar: Viral 'Perampokan', Ternyata Salah Paham

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 05 Mei 2022 08:01 WIB
ilustrasi kejahatan kriminal perampokan pembunuhan pemerkosaan pencopetan
Foto: Andi Saputra/detikcom

Tak Ada Perampokan, Hanya Salah Paham

Setelah melakukan klarifikasi kepada pelapor dan terlapor, polisi memastikan tindakan dugaan perampokan itu tidak pernah terjadi. Saat itu pemotor M melontarkan kalimat 'buka kaca' akibat kesal difoto oleh pemobil.

Kalimat 'buka kaca' itu dimaknai oleh pelapor sebagai upaya percobaan perampokan. Polisi membantah adanya tindakan perampokan yang telah dilakukan oleh pemotor M. Tindakan kekerasan pemotor kepada pemobil pun tidak terjadi di lokasi.

"Kalau yang bersangkutan itu hanya dihadang laju kendaraannya oleh si terlapor sebanyak dua kali. Tapi unsur untuk masuk ke percobaan perampokannya sesuai fakta-fakta dari klarifikasi tidak ada, belum kita temukan peristiwa pidananya," tutur Reno

Polisi memang sempat mengamankan pemotor M pada Senin (5/5) sore. Namun, dari hasil klarifikasi pelapor dan terlapor di Polsek Kembangan, polisi memastikan tindakan perampokan itu hanya salah paham saja.

"Tidak ada. Jadi bahasa percobaan perampokan itu hanya kesalahpahaman yang diedarkan pelapor," ujar Reno.

Kasus Berakhir Damai

Polisi telah mempertemukan terlapor dan pelapor terkait kasus dugaan perampokan dengan modus cegat mobil yang sempat viral di Kembangan, Jakarta Barat. Kedua belah pihak ini sepakat berdamai.

"Si pelapor tidak melanjutkan perkaranya dan tidak akan menuntut kepada pihak kepolisian baik pidana maupun perdata," kata Reno.

Pelapor dalam kasus ini merupakan pengendara mobil yang laju kendaraannya dicegat oleh pengendara motor inisial M (45) selaku terlapor. Reno menyebut pihak terlapor pun turut membuat surat pernyataan untuk berdamai dengan pelapor.

"Pihak terlapor juga kita buatkan surat pernyataan bahwa tidak akan mengulangi perbuatannya. Kita upayakan sesuai dengan arahan Pak Kapolres untuk restorative justice," katanya.


(ygs/ygs)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT