Kapal Bina Karya Rusak Kemudi di Laut Pulau G Jakut, 140 Wisatawan Dievakuasi

Wildan Noviansah - detikNews
Rabu, 04 Mei 2022 12:20 WIB
Evakuasi KM Bina Karya yang rusak kemudi di Pulau G Jakut
Evakuasi KM Bina Karya yang rusak kemudi di Pulau G, Jakut (Foto: dok. istimewa)
Jakarta - Kapal Motor (KM) Bina Karya dengan tujuan Pulau Pramuka dilaporkan mengalami kerusakan kemudi di laut Pulau G, Jakarta Utara (Jakut). Imbasnya, 140 orang wisatawan dievakuasi.

Kapolsek Kawasan Sunda Kelapa Kompol Seto Handoko Putra mengatakan peristiwa tersebut terjadi pada Rabu (4/5/2022) sekitar pukul 09.30 WIB. Awalnya, kapal berangkat dari dermaga di Pelabuhan Muara Angke menuju Pulau Pramuka. Sesampai di laut yang masuk kawasan Pulau G, kemudi kapal itu rusak, tak bisa berbelok.

"KM Bina Karya tujuan Pulau Pramuka dengan jumlah penumpang 140 orang berangkat dari Dermaga Muara Angke. Ketika tiba di sekitar Pulau G, kapal mengalami kerusakan kemudi," kata Seto saat dihubungi, Rabu (4/5/2022).

Seto menyebut selanjutnya 140 orang wisatawan dievakuasi dengan cara ditarik kembali ke Dermaga Kali Adem menggunakan kapal kerja 2 milik Dinas Perhubungan DKI Jakarta.

Beruntung, tak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Kejadian itu hanya berdampak pada penumpukan penumpang imbas terganggunya jadwal keberangkatan para wisatawan yang hendak berwisata ke Pulau Seribu.

"Dimungkinkan akan terjadi penumpukan penumpang karena tingginya antusiasme warga untuk berwisata ke Pulau Seribu," imbuhnya.

Awalnya disediakan kapal alternatif untuk mengangkut 140 orang wisatawan ke Pulau Seribu, yakni KM Raksasa dan KM Pesona Alam. Namun pihak KM Bina Karya kemudian memperbaiki kemudi yang rusak.

Hingga pukul 11.30 WIB, para penumpang sudah bisa menaiki kembali KM Bina Karya. Kapal tersebut pun melanjutkan perjalanan menuju Pulau Seribu.

"Kapal KM Bina Karya sudah diperbaiki. Penumpang kembali menaiki kapal tersebut," pungkasnya.

Simak juga 'Tak Penuhi Syarat Berlayar, 8 Kapal di Pelabuhan Muara Angke Diparkirkan':

[Gambas:Video 20detik]



(fas/fas)