Penumpang Kapal di Pelabuhan Muara Angke Naik 200 Persen Hari Ini

Wildan Noviansah - detikNews
Selasa, 03 Mei 2022 11:13 WIB
Jakarta -

Geliat wisatawan di libur Lebaran tahun ini terlihat di Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara. Tercatat, jumlah pengunjung hari ini naik hingga 200 persen.

"Jadi sesuai dengan jumlah penumpang yang kami rekap, buat hari ini ada kenaikan penumpang sekitar 200 persen," kata Kepala KSOP Muara Angke, Dimyati, di lokasi, Selasa (3/5/2022).

Pantauan detikcom pukul 10.35 WIB, kapal tampak berjejer rapi di Dermaga. Pelabuhan ramai orang.

Mereka terlihat membawa tas ransel hingga koper berukuran besar. Dimyati mengatakan sebanyak 3.000 orang sudah berlayar melalui Pelabuhan Muara Angke hari ini.

Data ini mengalami kenaikan dibandingkan dua hari sebelumnya.

Pelabuhan Muara Angke ramai di hari kedua Lebaran 2022. Jumlah penumpang mencapai 3.000 orang hari ini.Kepala KSOP Muara Angke, Dimyati (Wildan Noviansah/detikcom)

"Kemarin itu di H-1 mendekati sekitar 2.000, di hari-H-nya penumpang menurun 1.100. Nah sekarang jadi 3.000," kata dia.

Dari sebaran data yang didapat, mayoritas wisatawan lokal dan pemudik merupakan warga lokal. Namun dari seluruh penumpang, terdapat 5 persen wisatawan asing yang menyeberang di sana.

"Kalau kita kalkulasi dari rekapan yang kami buat, mayoritas memang wisatawan lokal, wisatawan luar negeri hanya 5 persen saja. Karena mereka cenderung keberangkatannya bukan dari Kali Adem tapi dari Pantai Mutiara tujuannya ke Pulau Seribu," jelas Dimyati.

"Ini hanya turis-turis internasional yang ingin lebih tahu masyarakat asli Jakarta, mereka hanya 5 persen dari jumlah total penumpang yang ada di Kali Adem," sambungnya.

Dimyati tak menutup kemungkinan jumlah penumpang yang melewati Pelabuhan Muara Angke akan bertambah hingga 4.000. Jika demikian, pihaknya akan menambah jadwal keberangkatan.

"Memungkinkan sekitar 4.000 penumpang. Dari 4.000 kami cut. Kami punya SOP lain, seandainya nanti ada kejadian sampai lebih dari 4.000, (kapal) yang awalnya berangkat hanya satu kali dalam sehari, memungkinkan seandainya kondisi laut cuaca baik, diberangkatkan dua kali dalam sehari. Tetapi tidak melewati jam 18.00," pungkas dia.

Terakhir, Dimyati mengatakan ada 18 kapal dioperasikan di Pelabuhan Angke. Namun untuk mengantisipasi pelonjakan, pihaknya sudah menyiapkan lima kapal cadangan.

"Ada 23 kapal yang kami standby-kan. Operasional hariannya maksimal 18, yang 5 cadangan jika sewaktu-waktu ada lonjakan di luar dugaan," lanjut dia.

Pelabuhan Muara Angke ramai di hari kedua Lebaran 2022. Jumlah penumpang mencapai 3.000 orang hari ini.Pelabuhan Muara Angke ramai di hari kedua Lebaran 2022. Jumlah penumpang mencapai 3.000 orang hari ini. (Wildan Noviansah/detikcom)

(aud/aud)