ADVERTISEMENT

Membludak Pengunjung Tempat Wisata Jakarta Diserbu Puluhan Ribu Orang

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 03 Mei 2022 22:02 WIB
Tiket Ancol Lebaran 2022 perlu diketahui sebelum kamu berkunjung. Ancol adalah salah satu tempat wisata di Jakarta yang buka selama libur Lebaran.
Foto: Tempat wisata Ancol, Jakut (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah tempat wisata ramai didatangi pengunjung saat hari kedua lebaran. Puluhan ribu orang menyerbu beberapa tempat wisata seperti Ancol, Taman Margasatwa Ragunan dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII).

Hingga Selasa (3/5/2022) pukul 16.30 WIB sebanyak 58 ribu orang mengunjungi Ancol, Jakarta Utara (Jakut). Operasional tempat wisata Ancol sempat disetop imbas jumlah pengunjung yang membludak.
Beberapa pengunjung juga tampak tertahan di pintu masuk Ancol. Salah satu akses menuju Ancol ditutup dengan barier oranye.

Pengunjung Diminta Putar Balik

Mereka tampak menunggu di depan pintu sembari melobi petugas untuk dibolehkan masuk. Namun, petugas yang berjaga mengimbau pengunjung untuk berputar balik dan kembali besok.

"Bagi yang punya tiket silakan masuk, bagi yang tidak punya silakan kembali lagi besok," kata salah seorang petugas melalui pengeras suara.

Tak Tahu Tiket Dijual Online

Masih banyak pengunjung yang tidak tahu pembelian tiket masuk ke Ancol dilakukan secara online. Akibatnya banyak yang putar balik dan memilih pulang.

Salah seorang calon pengunjung asal Rorotan, Maylani Fransiska (20), mengatakan dirinya tertahan di pintu masuk karena tidak memiliki tiket masuk.

"Iya (mau masuk) tapi nggak bisa. Tadi keluarga sudah masuk di dalam, tapi tiketnya sudah abis," ujar Maylani.

Maylani mengatakan tidak mengetahui adanya reservasi tiket online. Maylani pasrah dan akan pulang karena tidak diperbolehkan masuk Ancol.

"Nggak tahu (reservasi tiket). Gimana lagi, ya pulang lagi," tuturnya.

Pengunjung lain, Fasan (23), mengatakan sudah tertahan di pintu masuk Ancol sejak pukul 16.20 WIB. Fasan tidak dibolehkan masuk karena tidak melakukan reservasi tiket secara online sebelumnya.

"Mau masuk ke dalam, rencananya mau masuk ke dalam. Tapi nggak bisa masuk karena harus yang sudah punya tiket yang dibeli online," ucap Fasan.

30.646 Orang Kunjungi Ragunan

Tak hanya Ancol, Taman Margasatwa Ragunan, Jakarta Selatan (Jaksel), juga ramai pengunjung. Total ada 30.646 orang yang mendatangi Ragunan hari kedua lebaran. Mayoritas berkunjung menggunakan kendaraan roda dua.

"Data terakhir total pengunjung hari ini ada 30.646," kata Humas Taman Margasatwa Ragunan, Wahyudi Bambang.

Ragunan dibuka mulai pukul 07.00-17.00 WIB. Pengunjung diberi kesempatan untuk menikmati suasana di Ragunan sampai dengan pukul 17.00 WIB.

"Kita buka dari jam 07.00 pagi sampai 16.00 untuk loket. Pengunjung diberikan kesempatan di dalam area sampai jam 17.00 WIB," ujarnya.

Bambang memprediksi lonjakan pengunjung Ragunan akan terjadi besok. Diketahui, tiket kebun binatang untuk besok telah habis terjual.

"Biasanya di hari ketiga, di besok, besok akan lebih ramai dibandingkan hari ini," tutur Bambang.

Baca berita selengkapnya di halaman berikut

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT