ADVERTISEMENT

Bos DNA Pro Ngaku Mau Balikin Uang Sebelum Ditangkap, Korban: Bohong!

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Senin, 02 Mei 2022 08:10 WIB
Daniel Abe
Daniel Abe (dok. tangkapan layar Instagram DNA Pro)
Jakarta -

Bos DNA Pro Eliazar Daniel Piri alias Daniel Abe sempat mengunggah video sebelum ditangkap. Dirinya mengaku ke luar negeri untuk mengurus pengembalian uang anggota. Korban robot trading DNA Pro yang merugi hingga puluhan miliar rupiah mengklaim tidak pernah mendapatkan kembali apa yang dijanjikan itu.

"Para korban kami semuanya yang tergabung dengan MZA & Patners ada 272 korban dengan total kerugian Rp 36.131.419.884. Dari semua korban tersebut, tidak ada satu pun korban yang dapat menarik kembali modal yang telah dititipkan kepada DNA Pro, apalagi keuntungan yang dijanjikan oleh manajemen DNA Pro," ujar kuasa hukum korban, Zaenul Arifin, saat dihubungi, Minggu (1/5/2022).

Zaenul mengatakan Daniel Abe, yang menjanjikan pengembalian uang korban melalui video itu, hanya ucapan belaka. Pasalnya, bukannya bertambah, akun DNA Pro milik korban kini justru menjadi Rp 0.

"Sebelum Tersangka DPO Daniel Abe ditangkap Bareskrim Polri, tersebar video Abe yang ditujukan kepada semua anggota DNA Pro yang menyampaikan bahwa modal dan keuntungan para korban akan segera diusahakan dapat dikembalikan. Apa yang Abe sampaikan tidak benar alias bohong. Malah di akun para klien kami semuanya hilang atau nol," tuturnya.

Zaenul menduga Daniel Abe membuat video itu hanya untuk membuat dirinya seolah-olah akan bertanggung jawab. Dia pun meragukan apakah uang korban akan kembali.

"Kami melihat tujuan Abe membuat video tersebut untuk menunjukkan seolah-olah dia mau bertanggung jawab dan berharap dapat mengaburkan pasal pidana penipuan, sehingga cukup dikenai pasal TPPU. Dengan begitu, kerugian korban tidak dapat dikembalikan, namun hasil TPPU diserahkan kepada negara," kata Zaenul.

Meski demikian, Zaenul mengapresiasi kinerja kepolisian yang telah menangkap Daniel Abe. Dia berharap penangkapan Daniel Abe bisa memberi petunjuk untuk menetapkan tersangka lain di kasus ini.

"Bagaimanapun, kami mengapresiasi Polri telah bekerja cepat menangkap Tersangka DPO Daniel Abe ini. Semoga dari Abe ini dapat ditemukan petunjuk untuk menangkap para tersangka lainnya dan dapat menghasilkan tersangka baru yang belum terungkap," imbuhnya.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya...

Simak Video: Billy Syahputra yang Ikut Terseret Usai Jual Mobil ke Tersangka DNA Pro

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT