ADVERTISEMENT

Bos DNA Pro Daniel Abe Ditangkap, Ini Fakta-faktanya

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 14:18 WIB
Bos DNA Pro Daniel Abe Ditangkap, Ini Fakta-faktanya
Bos DNA Pro Daniel Abe Ditangkap, Ini Fakta-faktanya (Foto: dok. tangkapan layar Instagram DNA Pro)
Jakarta -

Bos DNA Pro Daniel Abe telah ditangkap Bareskrim Polri saat berada di Bandara Soekarno-Hatta. Penangkapannya ini dikonfirmasi oleh Brigadir Jenderal (Brigjen) Direktorat Tindak Pidana Ekonomi Khusus (Dittipideksus) Bareksim Polri, Whisnu Hermawan.

"Iya (benar ditangkap), Daniel Abe," kata Whisnu Hermawan saat dikonfirmasi, pada (26/04).

Lalu bagaimana saja fakta-fakta di balik penangkapan bos DNA Pro Daniel Abe? Simak ulasannya di bawah ini:

DPO Kasus DNA Pro Sempat Kabur Ke Turki

Pada kasus robot trading DNA Pro ditetapkan 12 orang sebagai tersangka. Pada 9 April lalu, Bareskrim Polri melalui Kasubdit I Dittipideksus Kombes Yuldi Yusman menyatakan bahwa 6 tersangka telah ditangkap dan ditahan. Sedangkan 6 tersangka lainnya sempat melarikan diri ke luar negeri.

Menurut Whisnu, 3 diantara tersangka merupakan bos DNA Pro yang kabur ke Turki. Ketiga bos DNA Pro tersebut ditetapkan sebagai tersangka DPO.

Tersisa 2 Bos Dna Pro yang Masih Diburu Polisi

Sebelum bos DNA Pro Daniel Abe ditangkap, Bareskrim Polri menerbitkan red notice terhadap tiga tersangka kasus robot trading DNA Pro. Ketiganya masuk dalam Daftar Pencarian Orang (DPO) tersangka kasus robot trading DNA Pro. Berikut nama-namanya:

  1. Fauzi alias Daniel Zii (laki-laki).
  2. Eliazar Daniel Piri alias Daniel Abe (laki-laki).
  3. Ferawaty alias Fei (perempuan)

Setelah Daniel Abe ditangkap, kini tersisa Daniel Zii dan Fei yang masih dalam perburuan polisi.

Bos DNA Pro Daniel Sempat Bikin Video

Beberapa hari sebelum penangkapannya, Daniel Abe sempat membuat video dari luar negeri. Video ini dibuat saat dirinya telah ditetapkan sebagai tersangka oleh Bareskrim Polri.

Kemunculan video Daniel ini diunggah pada akun instagram DNA Pro Official (23/03) silam. Dengan caption video yang tertulis "DNA Update 23 Maret 2022".

"Proses WD (withdrawal) terus berjalan dan terus kami maksimalkan, meskipun berjalan sangat lambat, tapi proses WD tetap berjalan setiap harinya, saya terus menjaga agar pihak broker tetap amanah dan tetap komit dalam menjalankan WD ini," ujar Daniel melalui video dari Instagram resmi @dnaproofficial, Selasa (26/4).

Dalam video tersebut, Daniel menyatakan dirinya akan segera pulang ke Indonesia. Daniel mengklaim akan menjaga pihak broker tetap berkomitmen mengembalikan dana investasi tersebut. Baru setelah di Indonesia, Daniel mengaku akan bertemu dengan founder DNA Pro di Indonesia serta mengurus pencairan pengembalian uang anggotanya.

"Terakhir saya berencana bertemu dengan para founder sesudah saya tiba di Indonesia. Untuk teman-teman, para member, para leader, tetap percaya pada kami bahwa WD kalian terus kami perjuangkan sampai cair," ungkapnya.

Menyeret Beberapa Nama Artis

Kasus DNA Pro ini juga menyeret beberapa nama public figure. Beberapa nama artis yang dipanggil untuk dimintai kesaksian antara lain:

  • Virzha
  • DJ Una
  • Rizky Billar
  • Billy Syahputra
  • Ello
  • Ivan Gunawan
  • Rossa

Nama penyanyi papan atas Rossa belakangan jadi sorotan setelah dipanggil polisi. Hasil honor nyanyi Rossa senilai Rp 172 juta saat manggung pada acara DNA Pro sempat ikut disita polisi.

Namun dalam pernyataan terbaru Bareskrim Polri, honor tersebut tidak disita karena penyidik menyimpulkan bahwa tidak ada niatan jahat dalam peristiwa aliran dana DNA Pro tersebut kepada Rossa.

"Demikian juga 'underlying transaction'-nya causa-nya halal," kata Brigjen Whisnu Hermawan pada Selasa lalu (26/4).

Berbeda dengan Rossa, aliran uang dari DNA Pro ke Rizky Billar dan Ivan Gunawan benar dilakukan penyitaan. Menurut Whisnu, hal itu diputuskan melalui gelar perkara yang dilakukan Polri.

Whisnu menyatakan bahwa dana Rp 1 Miliar yang mengalir ke Rizky Billar untuk konten DNA Pro dan honor Ivan Gunawan sebagai Brand Ambassador DNA Pro sebesar Rp 921,7 juta telah dikembalikan ke polisi.

Demikian fakta-fakta di balik bos DNA Pro Daniel Abe yang ditangkap. Kasus tersebut juga masih terus diselidiki oleh polisi.

Simak Video 'Bos DNA Pro Ditangkap, Polisi Masih Dalami soal Aliran Dana':

[Gambas:Video 20detik]



(izt/imk)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT