ADVERTISEMENT

Wakapolri Minta Warga Tak Gelar Takbiran Keliling di Jalur Mudik

Wildan Noviansah - detikNews
Minggu, 01 Mei 2022 18:35 WIB
Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono
Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono (Wildan/detikcom)
Jakarta -

Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono mengimbau masyarakat tidak menggelar takbiran keliling, khususnya di jalur mudik. Dia mengatakan polisi bakal berjaga agar warga tidak melalui jalur mudik jika menggelar takbiran keliling.

"Tidak ada nanti yang takbiran, utamanya di jalan-jalan yang memang akan dilalui untuk jalur mudik, kita minimalisir. Tentunya ini bekerja sama dengan pemerintah daerah dan stakeholder terkait," kata Gatot di Km 57 tol Cikampek, Minggu (1/5/2022).

Dia mengatakan hal itu harus dilakukan agar arus mudik bisa berjalan lancar. Gatot memprediksi lalu lintas di beberapa jalan yang biasa dilalui pemudik seperti Tol Jakarta-Cikampek bakal normal malam ini.

"Terkait dengan arus lalu lintas malam takbiran, saya kira kalau kita melihat hari ini, tentunya ini sudah normal. Sampai hari ini itu baru 35 ribu kendaraan yang melalui arus tol Jakarta-Cikampek. Kalau normalnya itu 1 hari itu 60 ribu," jelasnya.

30 Ribu Orang Akan Mudik Hari Ini-Besok

Sebelumnya, Kakorlantas Polri Irjen Firman Shantyabudi memprediksi masih ada 30 ribu orang yang bakal mudik dari Jakarta pada H-1 Lebaran ini. Dia memperkirakan 30 ribuan orang itu akan mudik melewati Jalan Tol Jakarta Cikampek hari ini dan besok.

"Dari prediksi, sisa tinggal 30 ribu. jadi kemarin padat 85 ribu, itu yang sampai Cipularang tersendat. Selanjutnya 115 ribu. Awalnya pagi 105 ribu, itu pakai contraflow bisa kita kuras," kata Firman kepada wartawan, Minggu (1/5).

Firman juga bicara soal hasil evaluasi arus mudik beberapa hari kemarin. Berdasarkan hasil evaluasi itu, dia memperkirakan masih ada pemudik yang bakal berangkat usai salat Id besok.

"Kita mempelajari tentang kebiasaan, seperti tadi malam kita juga membaca peta bahwa setelah buka puasa setelah salat tarawih, setelah salat subuh itu yang naik, itu kemarin. Jadi kalau pun kita ikuti sekarang berarti nanti setelah buka puasa, artinya malam takbiran, itu jalan," kata dia.

(haf/haf)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT