Rumah Warga di Neglasari Tangerang Dipatroli Polisi Siang-Malam

Khairul Ma'arif - detikNews
Sabtu, 30 Apr 2022 23:50 WIB
Polsek Neglasari melakukan patoli ke rumah-rumah warga.
FPolsek Neglasari melakukan patoli ke rumah-rumah warga. (Foto: dok. Istimewa)
Tangerang -

Banyaknya rumah kosong dan kontrakan kosong yang ditinggal mudik berpotensi menjadi sasaran pelaku pencurian. Oleh karena itu, Polsek Neglasari, Tangerang, akan melakukan patroli ke rumah dan kontrakan yang ditinggal mudik oleh pemiliknya.

Kapolsek Neglasari Kompol Putra Pratama menjelaskan pihaknya meningkatkan upaya pencegahan dengan patroli terfokus karena memiliki database kejahatan yang terjadi hingga lima tahun ke belakang. Menurutnya, dari data tersebut dapat diketahui wilayah-wilayah yang paling rawan terjadi kejahatan hingga kapan waktu paling rawan terjadinya.

"Kami memiliki data kriminalitas yang terjadi di wilayah Neglasari, data lima tahun ke belakang kami jadikan bahan analisa dan evaluasi sehingga kami dapat mengetahui wilayah rawan dan waktu rawan terjadinya tindak pidana. Intervensi tindakan kepolisian dapat kami fokuskan ke tempat dan lokasi dari hasil anev tadi," kata Putra dari keterangan yang diterima wartawan, Sabtu (30/4/2022).

Putra menjelaskan patroli dibagi menjadi dua sif, yaitu siang dan malam. Menurutnya, patroli siang dilaksanakan sembari melakukan dialog bersama masyarakat untuk bersama-sama waspada mengantisipasi kejahatan di rumah dan kontrakan kosong.

Sedangkan patroli malam dilaksanakan gabungan bersama tiga pilar kecamatan yaitu, Satpol PP Neglasari, Koramil, dan personel Polsek Neglasari.

"Upaya pencegahan kami lakukan selama 24 jam full dengan personel bergantian. Patroli siang dilaksanakan internal polsek dengan memberdayakan potensi masyarakat yang ada seperti perangkat RT RW, Satpam, remaja masjid, Pokdarkamtibmas hingga Karang Taruna setempat. Sedangkan patroli malam kami laksanakan secara gabungan juga melibatkan potensi masyarakat yang ada." tambahnya.

Menurutnya, personelnya rela tidak mudik karena memang sudah menjadi tugas dan tanggung jawabnya menjaga keamanan dan ketertiban di masyarakat. Ia mengaku terkadang mudik itu hanya menjadi mimpi bagi para personelnya.

"Tugas pokok polisi polsek adalah Harkamtibmas sehingga tidak mungkin polisi polsek bisa mudik lebaran. Musim mudik ini kami tetap berupaya maksimal untuk meniadakan segala bentuk gangguan keamanan, menjaga keselamatan jiwa raga dan harta benda masyarakat kami, serta bertugas untuk memelihara perasaan tentram dan damai," pungkasnya.

(mea/mea)