ADVERTISEMENT

Polda Metro Sebut Sudah Ada 7 Juta Warga DKI Mudik hingga H-2 Lebaran

Khairul Ma'arif - detikNews
Sabtu, 30 Apr 2022 14:20 WIB
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan
Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan (Khairul Ma'arif/detikcom)
Tangerang -

Arus mudik Lebaran masih terus terjadi pada puncaknya hari ini, Sabtu (30/4). Polda Metro Jaya sendiri mencatat sudah ada 7 juta warga DKI Jakarta dan sekitarnya yang mudik ke kampung halaman.

"Kurang lebih 7 juta orang. Dari pantauan kita 7 juta orang (sudah mudik)," ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan saat ditemui di Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta (Soetta), Minggu (30/4/2022).

Zulpan mengatakan angka tersebut akan terus bertambah hingga mendekati Lebaran. Selain itu, sebelumnya pihaknya memprediksi ada puluhan juta orang yang akan meninggalkan Jakarta pada musim mudik tahun ini.

"Ya kan prediksi sebelumnya 13 juta warga DKI dan sekitarnya yang akan mudik," tambahnya.

Ia mengungkapkan hingga hari ini di wilayah hukum Polda Metro Jaya selama periode menjelang Lebaran kriminalitas tidak ada yang menonjol. Sementara untuk arus lalu lintas juga tidak adanya masalah yang menyulitkan.

"Kebanyakan warga kita kan meninggalkan Jakarta ya, jadi kita hanya mengawal sampai ke luar Ibu Kota, sampai ke Tol Cikampek. Meninggalkan Jakarta ini tidak ada masalah," ucapnya.

Sementara itu, terkait pengecekan di Terminal 3 Bandara Soetta, Zulpan menyebut semua berjalan dengan baik. Menurutnya, masyarakat yang hendak menggunakan transportasi udara tertib kemudian sudah tervaksin semuanya.

"Penerbangan tadi dikontrol Pak Kapolda sama Pak Pangdam kami mendampingi semuanya berjalan dengan baik juga dari pelayanan kita ada pos pelayanan di dalam pospam kita sediakan booster juga buat masyarakat semuanya tertib. Karena umumnya masyarakat yang datang ke sini kan sudah memiliki tiket ini sudah berjalan dengan baik," ungkapnya.

Menurutnya, pihaknya juga sudah menyiapkan pengamanan di beberapa titik objek tempat wisata. Ini dirasa penting dikarenakan kebiasaan masyarakat yang selalu berwisata pasca-Idul Fitri.

"Beberapa objek yang biasanya ramai dikunjungi masyarakat seperti Taman Mini, Ancol, Ragunan, Kota Tua, maupun Monas ini nanti akan jadi keramaian setelah Lebaran. Jadi bukan saat ini karena itu sudah jadi kebiasaan masyarakat setelah Lebaran mereka akan ke tempat wisata tersebut kita sudah siapkan pengamanan semuanya," jelasnya.

(mea/mea)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT