Kapolda Metro dan Pangdam Jaya Cek Pengamanan Mudik Bandara Soekarno-Hatta

Khairul Ma'arif - detikNews
Sabtu, 30 Apr 2022 14:06 WIB
Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto mengecek pos pengamanan Bandara Soekarno-Hatta, Sabtu (30/4/2022).
Foto: Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto mengecek pos pengamanan Bandara Soekarno-Hatta (Dok. Polda Metro Jaya)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran bersama Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto melakukan pengecekan pengamanan mudik di Bandara Soekarno Hatta (Soetta). Dalam kunjungan tersebut, Fadil menyatakan situasi mudik saat ini mengalami peningkatan.

"Dari hasil peninjauan semua berjalan dengan lancar dan tertib menurut laporan Posko Terminal 3 belum ada kejadian-kejadian menonjol, kecuali keramaian karena peningkatan volume," kata Fadil Imran kepada wartawan di Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Sabtu (30/4/2022).

Dalam pengecekannya keduanya juga ditemani Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Zulpan, Kapolresta Bandara Soetta Kombes Sigit Dany dan Dansatgas Udara COVID-19 Bandara Soetta Kolonel Agus Listiyono.

Fadil mengatakan sesuai arahan Pak Kapolri jajaran TNI-Polri membentuk tiga pos pelayanan di Bandara Soekarno-Hatta. Pos pengamanan masing-masing 3 yang kemudian juga ada pos terpadu.

Fadil mengatakan terjadi peningkatan volume pemudik, khususnya pada pagi hari. Menurutnya, ini dikarenakan pagi hari itu jam sibuk untuk semua jurusan baik ke timur ke barat maupun ke Indonesia tengah.

"Ini diawasii oleh teman-teman TNI ada dari Kodam dari Paskhas TNI AU Basarnas, dan semua stakeholder yang berkompeten untuk membuat masyarakat nyaman. Kami Forkopimda, Polda, Kodam akan terus berikhtiar untuk melancarkan arus mudik ini," tambahnya.

Selain itu, ia mengaku akan melakukan patroli dialogis untuk menjaga rumah warga yang sudah ditinggalkan mudik oleh pemiliknya. Menurutnya, patroli ini akan dilakukan juga bersama unsur TNI.

"Saya dengan Pangdam akan melaksanakan patroli dialogis menjaga rumah warga yang sudah mudik. Kodam Polda bersama segenap masyarakat seperti satpam hansip karang taruna remaja masjid kita berdayakan menjaga rumah yang ditinggal mudik," tuturnya.

Sementara itu di tempat yang sama, Pangdam Jaya, Mayjen Untung Budiharto menambahkan pihaknya siap untuk membantu Polda Metro Jaya memberikan kenyamanan kepada pemudik baik itu melalui moda pesawat, darat, maupu kapal yang ada di Indonesia ini. Selain itu, ia juga menjamin kenyamanan seluruh warga Jakarta yang akan meninggalkan Jakarta.

"Kita akan menjaga pemukiman rumah-rumah yang ditinggalkan. Sehingga nyaman aman tenang untuk bertemu dengan keluarga dan kembali tetap kami mohon prokes dijaga untuk menjaga kesehatan kita semuanya. Sehingga mudik nyaman dan aman mudik sehat bisa kita laksanakan bersama," ucapnya.

(mei/mei)