Minta Maaf, ASDP Jelaskan Penyebab Aplikasi Pesan Tiket Kapal Feri Eror

M Iqbal - detikNews
Kamis, 28 Apr 2022 16:08 WIB
Sejumlah kendaraan pribadi yang akan menyeberang ke Pulau Sumatera antre di Dermaga V Pelabuhan Merak, Cilegon, Banten, Selasa (26/4/2022). Seiring makin meningkatnya jumlah arus mudik PT ASDP Merak menambah jumlah perjalanan/trip kapal ferry dari 72 trip menjadi 77 trip sejak Senin (25/4) dan secara keseluruhan total penumpang yang menyeberang naik tajam dalam 3 hari dari 23.650 orang menjadi 35.075 orang pada hari Senin (25/4) kemarin dengan rincian jumlah penumpang pejalan kaki sebanyak 627 orang dan 34.440 orang dalam kendaraan. ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman/aww.
Ilustrasi Pelabuhan Merak (Foto: ANTARA FOTO/ASEP FATHULRAHMAN)
Cilegon -

Aplikasi pemesanan tiket kapal feri, yakni Ferizy, tak bisa diakses alias eror. Pengelola pelabuhan menyebut hal tersebut disebabkan tingginya lonjakan pemesanan tiket kapal.

Corporate Secretary PT Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP), Shelvy Arifin, mengatakan situs maupun aplikasi Ferizy eror mulai pukul 13.00 WIB. Pihaknya mengklaim sedang melakukan peningkatan sistem pada aplikasi tersebut.

"PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mengkonfirmasi bahwa pada Kamis (28/4) sekira pukul 13.00, manajemen melakukan peningkatan sistem pada aplikasi Ferizy seiring tingginya lonjakan trafik pemesanan tiket layanan kapal ekspres di Merak-Bakauheni dan Ketapang-Gilimanuk," kata Shelvy kepada wartawan, Kamis (28/4/2022).

Masalah tersebut membuat para calon penumpang di dua pelabuhan tersebut kesulitan membeli tiket. Dia meminta maaf dan mengatakan perbaikan sedang dilakukan.

"Manajemen ASDP memohon maaf atas ketidaknyamanan yang ditimbulkan atas situasi saat ini dan bersama dengan tim Telkom selaku penyedia sistem, tengah mengupayakan perbaikan sistem untuk segera kembali normal," ujarnya.

Sebelumnya, situs resmi layanan kapal feri Ferizy saat ini tengah mengalami gangguan down di tengah gelombang peningkatan arus mudik Lebaran 2022. Karena itu, banyak pembeli yang tidak bisa mengakses layanan pembelian tiket kapal feri secara mandiri.

"Kami akan segera kembali. Kami sedang melakukan peningkatan terhadap sistem, mohon maaf atas ketidaknyamanan ini. Kami mengupayakan segera online kembali dalam waktu dekat," tulis situs tersebut sebagaimana dikutip detikcom.

Tidak hanya pembelian melalui sistem online di komputer, pembelian secara mobile juga ikut tumbang. Termasuk aplikasi yang tersedia di Android maupun iOS.

Simak video 'Aplikasi Pesan Tiket Ferizy Eror, Kemenhub Buka Suara':

[Gambas:Video 20detik]



(haf/haf)