ADVERTISEMENT

Pelabuhan Merak Semalam: Pemudik Terjebak Macet, Hujan Angin Menerjang

Kanya Anindita Mutiarasari - detikNews
Kamis, 28 Apr 2022 11:32 WIB
Pelabuhan Merak dipadati pemudik yang melakukan perjalanan lintas Jawa-Sumatera. Kemacetan panjang akibat menumpuknya kendaraan pun tak dapat dihindari.
Pelabuhan Merak Semalam: Pemudik Terjebak Macet, Hujan Angin Menerjang (Foto: Istimewa)
Jakarta -

Pelabuhan Merak dipadati pemudik yang melakukan perjalanan lintas Jawa-Sumatera. Kemacetan panjang akibat menumpuknya kendaraan pun tak dapat dihindari.

Selain macet panjang, Pelabuhan Merak semalam juga dilanda hujan disertai angin kencang. Berikut informasi selengkapnya terkait kondisi Pelabuhan Merak semalam saat arus mudik Lebaran 2022.

Pelabuhan Merak: Hujan Deras, Tenda Roboh

Hujan deras serta angin kencang melanda Pelabuhan Merak pada Rabu (27/4/2022) malam hari. Kondisi tersebut terjadi sejak pukul 18.00 WIB.

Tenda yang dikhususkan untuk pemudik motor di dermaga 3 juga roboh. Salah seorang petugas Basarnas, Fauzan menyebutkan kondisi di Pelabuhan Merak hingga pukul 21.30 WIB masih diguyur hujan, namun dengan intensitas sedang.

"Untuk saat ini, Merak diguyur hujan intensitas sedang bahkan tadi sempat diguyur intensitas tinggi dan angin kencang yang menyebabkan tenda di sebelah roboh," ucap Fauzan, Rabu (27/4/2022).

Pelabuhan Merak: Macet Panjang Hingga 5 Km

Mulai Rabu (27/4/2022) pukul 23.55 WIB hingga Kamis (28/4/2022), ekor antrean kendaraan pemudik di Pelabuhan Merak sampai masuk ke dalam tol. Kepadatan ini menimbulkan kemacetan panjang di dalam tol.

"Pada tanggal 28 April ini kembali terjadi antrean panjang di pelabuhan ASDP Merak, yang mengakibatkan ekor antrean kendaraan sampai dengan memasuki tol Merak mulai jam 23.55," ucap Kepala Departemen Humas dan CSR PT Marga Mandalasakti, Uswatun Hasanah saat dikonfirmasi.

Sekitar pukul 23.27 WIB, kemacetan di tol Merak sampai di kilometer 93 atau sekitar 5 kilometer dari gerbang tol Merak. Satu jam kemudian, antrean menyusut 3 kilometer atau ekor antrean kendaraan berada di Km 96.

"Kemudian dampak panjang antrian di dalam tol jam 03.27 sampai dengan km 93, namun pukul 04.30 mulai menyusut ke km 96," kata Uswatun Hasanah.

Antrean di tol Merak menuju Pelabuhan Merak dilaporkan masih terjadi hingga Kamis (28/4/2022) pukul 07.00 WIB. Pihak kepolisian dan pengelola jalan tol masih melakukan buka tutup jalan di Cikuasa Atas untuk mengurangi kepadatan.

"Untuk kondisi lalin pagi ini tgl 28 apr 2022 pada pukul 05.00 WIB, sempat tidak ada pergerakan setelah transaksi di GT Merak, namun mulai bergerak kembali perlahan jam 06.00 WIB tadi sampai sekarang," katanya.

Informasi kondisi di Pelabuhan Merak semalam selanjutnya ada di halaman berikutnya.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT