ADVERTISEMENT

Pelabuhan Padat, Kemacetan di Tol Merak Sempat Capai 5 Km

Muhammad Iqbal - detikNews
Kamis, 28 Apr 2022 08:27 WIB
Suasana Pelabuhan Merak, Banten lepas tengah malam, Minggu (24/4/2022).
Ilustrasi, suasana pelabuhan Merak, 24 April 2022. (M Iqbal/detikcom)
Cilegon -

Imbas kepadatan di dalam Pelabuhan Merak dan sistem buka tutup jalur Cikuasa Atas, muncul antrean kendaraan di Tol Merak. Kemacetan sempat mengular mencapai 5 kilometer di suasana mudik ini.

Kamis (28/4/2022), ekor antrean kendaraan sampai di depan gerbang Tol Merak sekitar pukul 23.55 WIB hingga masuk ke dalam tol. Kepadatan ini menimbulkan kemacetan panjang di dalam tol.

"Pada tanggal 28 April ini kembali terjadi antrean panjang di pelabuhan ASDP Merak, yang mengakibatkan ekor antrean kendaraan sampai dengan memasuki tol Merak mulai jam 23.55," kata Kepala Departemen Humas dan CSR PT Marga Mandalasakti, Uswatun Hasanah saat dikonfirmasi.

Sekitar pukul 23.27 WIB, kemacetan di tol Merak sampai di kilometer 93 atau sekitar 5 kilometer dari gerbang tol Merak. Satu jam kemudian, antrean menyusut 3 kilometer atay ekor antrean kendaraan berada di Km 96.

"Kemudian dampak panjang antrian didalam dlm tol jam 03.27 sampai dengan km 93, namun pukul 04.30 mulai menyusut ke km 96," kata Uswatun Hasanah.

Kemacetan Tol Merak. (Dok PT MMS)Kemacetan Tol Merak. (Dok PT MMS)

Meski terjadi kemacetan panjang, tak ada pengalihan arus lalu lintas ke gerbang tol Cilegon Barat. Polisi hanya memberlakukan buka tutup gerbang Tol Merak agar tak mengalami stagnasi.

"MMS koordinasi dengan ASDP, terkait pengoptimalan kantung parkir di pelabuhan dan Cikuasa Atas. Dilakukan diskresi pengaturan arus lalin oleh Kepolisian, buka tutup GT Merak, juga di Cikupa arah Merak, tidak ada pengalihan oleh Kepolisian di GT Cilegon Barat, mengingat jalan nasional juga padat menurut informasi yang kami dapatkan," tuturnya.

Antrean di tol Merak dilaporkan masih terjadi hingga pukul 07.00 WIB masih mengalami kepadatan. Pihak kepolisian dan pengelola jalan tol masih melakukan buka tutup jalan di Cikuasa Atas untuk mengurangi kepadatan.

"Untuk kondisi lalin pagi ini tgl 28 apr 2022 pada pukul 05.00 WIB, sempat tidak ada pergerakan setelah transaksi di GT Merak, namun mulai bergerak kembali perlahan jam 06.00 WIB tadi sampai sekarang," ujarnya.

Pihak pengelola tol mengimbau agar pemudik dapat memanfaatkan fasilitas tambahan di dalam tol seperti rest area dan toilet portable yang ada di dalam tol.

"Imbauan kepada pengguna jalan yg menuju ke Merak terus kami infokan melalui VMS dan informasi di GT cikupa agar dapat memanfaatkan rest Area km 68 A. Atau memilih rute alternatif keluar ke GT Cilegon Timur atau Serang untuk tujuan di luar ke Pelabuhan Merak," katanya.

Tonton juga Video: Catat! Ini Prediksi Puncak Arus Mudik, Arus Balik, dan Titik Kemacetan

[Gambas:Video 20detik]



(dnu/dnu)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT