Wakapolri ke Ditlantas Polda Banten: Kenapa Macet Merak Baru Terurai 3 Jam?

Yogi Ernes - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 13:59 WIB
Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono video call Dirlantas Polda Banten dari comman center Tol Japek
Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono melakukan video call Dirlantas Polda Banten dari command center Tol Japek. (Yogi/detikcom)
Bekasi -

Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono menyambangi command center PJR Korlantas Polri di Km 29 Tol Japek. Dalam kunjungan itu, Gatot secara khusus menyoroti soal kemacetan yang terjadi di daerah Pelabuhan Merak, Banten.

Awalnya, Gatot mengecek kesiapan pemantauan arus mudik lewat CCTV yang terpasang di command center. Gatot kemudian meminta dihubungkan melalui video call dengan anggota Polisi Lalu Lintas Ditlantas Polda Banten.

"Siap, Jenderal, untuk arus lalu lintas terdapat peningkatan dari tadi malam pukul 01.00 WIB. Kepadatan sempat mencapai di dalam gerbang tol. Namun pada pukul 05.00 Subuh tadi sudah berhasil kami urai," kata anggota Ditlantas Polda Banten bernama Wiratno menjelaskan via video call kepada Gatot, Rabu (27/4/2022).

Gatot lalu menyoroti soal waktu yang dibutuhkan petugas dalam mengurai kemacetan di lokasi. Dia meminta waktu penguraian itu agar bisa dipersingkat.

"Coba nanti dievaluasi ya, Pak Wiranto, kenapa antrean itu membuat kemacetan panjang sampai 1 kilometer dan baru terurai 3 jam. Cari penyebabnya, mungkin dia apakah terlambat masuk ke kapalnya atau kapalnya menurunkan barangnya terlalu lama," jelas Gatot.

"Kalau memang terjadi seperti itu, koordinasi dengan siapa sehingga nggak terulang lagi. Ini kan belum puncaknya loh, ini belum puncak saja sudah sampai 1 kilometer. Kalau sampai puncaknya, nanti bisa berkilo-kilo. Begitu ya, Pak Wiratno," tambah Gatot.

Gatot lalu meminta dihubungkan dengan Dirlantas Polda Banten Kombes Budi Mulyanto. Dia lalu menekankan adanya evaluasi maksimal perihal kemacetan yang terjadi di kawasan Pelabuhan Merak dan di gerbang Tol Merak.

"Tolong ini dievaluasi penyebabnya apa, kemudian dicarikan solusinya. Saya baca di berita salah satu penyebabnya menurunkan barangnya terlalu lama, betul nggak? Kalau betul, nanti dikomunikasikan, dicari solusi," jelas Gatot.

"Siap dimengerti, Jenderal," jawab Dirlantas Polda Banten Kombes Budi Mulyanto via video call.

Baca di halaman selanjutnya: Wakapolri minta Polantas bersiaga.

Simak juga 'Pagi Ini Tol Cipali Sempat Macet Parah':

[Gambas:Video 20detik]