Bisik-bisik Novel soal Fasilitas MotoGP Tak Cuma untuk Lili Pintauli

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 21:35 WIB
Penyidik KPK Novel Baswedan memenuhi panggilan Komisi Kejaksaan (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Novel Baswedan (Kadek Melda Luxiana/detikcom)
Jakarta -

Mantan penyidik KPK Novel Baswedan menyebut tak hanya Lili Pintauli Siregar seorang yang menerima fasilitas tak patut. Sebagaimana diketahui, Lili adalah Wakil Ketua KPK yang menerima fasilitas menonton ajang balap MotoGP.

Lili Pintauli dilaporkan ke Dewan Pengawas (Dewas) KPK pada 12 April lantaran menerima akomodasi dalam ajang MotoGP Mandalika.

Dalam dokumen yang diterima detikcom, Lili disebut mendapat tiket hotel dan tiket menonton balapan MotoGP pada 18-20 Maret silam. Diduga tiket itu pemberian dari salah satu perusahaan BUMN.

Novel kemudian berbicara di kanal YouTubenya, diakses detikcom pada Selasa (26/4). Kini tergantung Dewas KPK, apakah mau menangani perkara ini atau tidak.

"Saya menduga atau mendengar, mendapatkan fasilitas ini pimpinan KPK bukan hanya ibu Lili, tapi ada juga yang lain. Sekarang masalahnya Dewan Pengawas mau bekerja apa nggak," ucap Novel Baswedan.

Dia menyarankan agar Dewan Pengawas mengganti nama apabila tidak berani memeriksa siapa-siapa saja selain Lili yang menerima fasilitas serupa. Kondisi di internal institusi yang dulu pernah dia bela membuatnya sedih.

"Dewan pengawas itu mempunyai tanggung jawab untuk menegakkan hukum kalau ada insan KPK, baik pimpinan atau pegawai KPK itu melakukan pelanggaran," ujar Novel.

Selanjutnya, Novel kritik Dewas KPK: