ADVERTISEMENT

Pedas Kritik dari Novel Baswedan dkk bagi Dewas

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 27 Apr 2022 06:05 WIB
Novel Baswedan terima jadi ASN Polri dan akan segera dilantik. Bagaimana kabar terbaru soal pelantikannya?
Novel Baswedan (Andhika Prasetia/detikcom)


Dewas KPK Tuding Dirut Pertamina Tak Kooperatif

Sebelumnya anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris menyebut pemeriksaan berkaitan dengan aduan dugaan pelanggaran kode etik Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar terhambat. Dia beralasan hambatan itu berkaitan dengan pemeriksaan untuk pihak eksternal, yaitu Pertamina.

"Klarifikasi terhadap Ibu LPS (Lili Pintauli Siregar) tertunda karena pengumpulan bahan dan keterangan dari pihak eksternal belum selesai," ucap Anggota Dewas KPK Syamsuddin Haris kepada wartawan, Selasa (26/4/2022).

Haris menyebutkan pemeriksaan terhadap pihak Pertamina belum tuntas lantaran Direktur Utama (Dirut) Pertamina Nicke Widyawati tidak kooperatif. Nicke memang sebelumnya dipanggil oleh Dewas KPK untuk dimintai keterangan tapi tidak hadir.

"Klarifikasi terhadap pihak Pertamina belum tuntas karena Dirut Pertamina tidak kooperatif. Sudah diundang klarifikasi dan dijadwal ulang tapi tidak hadir," ucap Haris.

"Dewas berharap kerja sama Dirut Pertamina bisa bekerja sama dan bersikap kooperatif dalam mengungkap dugaan pelanggaran etik yang dilakukan Ibu LPS," imbuh Haris.

Haris menyampaikan jajaran Pertamina memberikan keterangan yang berbeda-beda perihal laporan tentang Lili Pintauli. Untuk itu, menurutnya, kedatangan Nicke selaku Dirut Pertamina penting untuk memperjelas pengaduan pelanggaran kode etik ini.

"Kehadiran Dirut Pertamina justru diperlukan untuk memberi klarifikasi atas keterangan jajaran di bawahnya yang terkesan berbeda-beda satu sama lain. Dewas berharap tidak ada upaya pihak-pihak terkait menutup fakta yang sebenarnya," ucap Haris.

Keterangan dari pihak Pertamina ini penting karena dalam aduan disebutkan Lili Pintauli diduga mendapatkan fasilitas akomodasi dan tiket menonton MotoGP Mandalika beberapa waktu lalu. Redaksi detikcom sendiri telah berupaya menghubungi Nicke dan pihak dari Pertamina tetapi belum mendapatkan respons.

Sementara itu, untuk Lili Pintauli, ini merupakan kesekian kalinya dia dilaporkan ke Dewas KPK dengan dugaan pelanggaran kode etik sebagai pimpinan KPK. Sebelumnya, Lili Pintauli pernah disanksi potong gaji karena telah terbukti berhubungan dengan pihak lain yang memiliki perkara di KPK.

Dewas KPK

Diketahui, Dewas KPK merupakan lembaga baru yang muncul lewat revisi UU KPK pada 2019. Keberadaan Dewas KPK di dalam draf revisi UU KPK sempat dikritik, tapi Presiden Joko Widodo (Jokowi) kekeh Dewas KPK harus ada.

"Terhadap beberapa isu lain, saya juga memberikan catatan dan memiliki pandangan yang berbeda dengan substansi yang diusulkan oleh DPR," kata Jokowi dalam jumpa pers di Istana Negara, Jakarta, Jumat (13/9/2019).


(isa/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT