Alasan Polisi Sita Duit DNA Pro untuk Ivan Gunawan, tapi Honor Rossa Tidak

Azhar Bagas Ramadhan - detikNews
Selasa, 26 Apr 2022 14:40 WIB
Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan.
Ilustrasi Bareskrim Polri (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Bareskrim Polri tak menyita honor penyanyi Rossa dari DNA Pro, tapi menyita uang dari DNA Pro yang mengalir ke Rizky Billar hingga Ivan Gunawan. Apa alasannya?

"Kami gelar perkara dulu, ternyata di kami hasil gelar perkara tidak ada niat jahat si Rossa tersebut. Artinya, dia melaksanakan kegiatan sesuai profesionalisme," kata Dirtipideksus Bareskrim Brigjen Whisnu Hermawan saat dimintai konfirmasi, Selasa (26/4/2022).

"Kecuali beda dengan Leslar (Lesti dan Billar) dia itu kan konten, dia tahu itu buat konten, tahu salah. Jadi harus dikembalikan," tambahnya.

Selain itu, Whisnu mengatakan Ivan Gunawan menjadi brand ambassador (BA) DNA Pro. Dia juga bicara soal DJ Una di pusaran kasus DNA Pro.

"Ivan juga dia sebagai BA, dia tahu. Beda dengan dia (Rossa) nyanyi atau MC, beda MC. DJ Una beda itu," katanya.

Selanjutnya, Whisnu menjelaskan pihaknya kerap melakukan gelar perkara internal untuk menentukan ada-tidaknya unsur pidana terkait aliran dana dari DNA Pro ke sejumlah pihak.

"Iya, kita ada diskusikan, gelar perkara di internal, diskusi ini hasil pemeriksaan seperti ini, itu terus dilakukan setelah sore, setelah memeriksa kita gelar perkara kecil antara penyidik dengan kanitnya, ini apa langkah-langkahnya. Oh, ternyata tidak ada mens rea-nya," katanya.

"Jadi kita lakukan setiap hari setelah penyidikan, pasti ada namanya gelar perkara kecil," tambahnya.

Sita Uang dari DNA Pro untuk Rizky Billar

Rizky Billar dan Lesti Kejora telah diperiksa Bareskrim Polri jadi saksi kasus robot trading DNA Pro. Keduanya menerima uang Rp 1 miliar dari salah satu tersangka kasus ini dan telah menyerahkannya ke polisi untuk selanjutnya disita.

"Benar, Rp 1 miliar, kami kembalikan, tidak kurang," kata Rizky di Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu (20/4/2022).

Rizky menerima uang itu dari tersangka kasus DNA Pro Stefanus Richard (SR). Dia menceritakan bahwa perkenalan dirinya dengan Stefanus berawal dari niat kolaborasi dalam konten di media sosial.

Simak selengkapnya di halaman selanjutnya.

Saksikan Video 'Beda Rossa-Nowela dan DJ Una soal Honor Manggung DNA Pro':

[Gambas:Video 20detik]