ADVERTISEMENT

Demo di Patung Kuda, Mahasiswa Tolak Jabatan Presiden 3 Periode

Anggi Muliawati - detikNews
Kamis, 21 Apr 2022 15:16 WIB
Demo mahasiswa di Patung Kuda, Jakarta Pusat
Demo mahasiswa di Patung Kuda (Anggi Muliawati/detikcom)
Jakarta -

Massa aksi yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) menggelar demo di Patung Kuda, Jakarta Pusat. Mereka membawa sejumlah tuntutan, mulai tolak perpanjangan masa jabatan presiden 3 periode hingga masalah perekonomian.

"Kami dari seluruh Indonesia, beraspirasi di sini, karena rezim yang semakin dikeluarkan. Betul, Kawan-kawan?" kata Abdul Kholiq Koordinator Pusat BEM SI Kerakyatan dalam orasinya di Patung Kuda, Jakarta Pusat, Kamis (21/4/2022).

Abdul mengatakan mereka berada di sana untuk menuntut sejumlah hal kepada pemerintah. Sebanyak tujuh tuntutan mereka bawa.

"Sudah saatnya kita lawan. Pergerakan ini, kita hadir di sini, untuk menuntut tujuh tuntutan. Kita pertegas kembali, jika Jokowi berhasrat 3 periode, maka kita tegaskan untuk menolak," teriaknya.

Massa aksi terus meneriakkan kata revolusi. Kemudian, Abdul pun menyanyikan sebuah lagu, dan diikuti oleh peserta aksi lainnya.

"Naik naik naik, BBM naik, tinggi-tinggi sekali. Naik naik naik, pajaknya naik, tinggi tinggi sekali, kiri kanan ku lihat saja banyak rakyat sengsara," nyanyi Abdul dan diikuti yang lain.

Berikut tujuh tuntutan massa aksi:

1. Tindak tegas para penjahat konstitusi dan tolak wacana perpanjangan masa jabatan presiden
2. Turunkan harga kebutuhan pokok dan atasi ketimpangan ekonomi
3. Menindak tegas segala tindakan represif terhadap masyarakat sipil dengan mekanisme yang ketat dan tidak diskriminatif
4. Wujudkan pendidikan ilmiah, gratis, dan demokratis
5. Sahkan RUU pro rakyat, tolak RUU pro oligarki
6. Wujudkan reforma agraria sejati
7. Tuntaskan seluruh pelanggaran HAM

Simak Video 'Buruh Geruduk DPR, Tolak Jabatan Presiden 3 Periode':

[Gambas:Video 20detik]



(lir/lir)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT