ADVERTISEMENT

Fadli Zon Minta Demo 21 April Jangan Disusupi: Biarkan Mahasiswa Bersuara!

Firda Cynthia Anggrainy - detikNews
Kamis, 21 Apr 2022 14:53 WIB
Fadli Zon
Foto: Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom
Jakarta -

Anggota DPR RI Fadli Zon mendukung aksi demonstrasi mahasiswa dan buruh yang digelar di gedung DPR RI dan kawasan Patung Kuda, Jakarta. Fadli menyebut aksi demonstrasi merupakan bentuk tanggung jawab moral seorang mahasiswa dan dilindungi oleh konstitusi.

"Menurut saya, aksi demonstrasi mahasiswa itu suatu ekspresi demokrasi. Jadi ini kan dilindungi konstitusi oleh UU dan menurut saya dari waktu ke waktu mahasiswa itu memang menjadi semacam moral obligation," kata Fadli kepada wartawan di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (21/4/2022).

Terkait demo mahasiswa yang rentan disusupi oknum, Fadli Zon meyakini mahasiswa punya mekanisme teknis lapangan (teklap) tersendiri. Dia juga meminta berbagai pihak agar tak menyusupi aksi demonstrasi mahasiswa.

"Menurut saya, mereka punya mekanisme supaya tidak disusupi. Jadi suara murni mahasiswa itu saya kira adalah disusupi bisa dari semua pihak. Jangan disusupi. Biarkan saja mahasiswa itu bersuara. Kapasitas intelektualnya untuk melihat situasi dan kondisi," ujarnya.

Waketum Partai Gerindra itu mengatakan oknum akan selalu ada di tiap demonstrasi. Dengan demikian, dia menilai mahasiswa sudah menyiapkan mitigasi agar tak ditunggangi pihak yang pro dan kontra dengan tuntutan mereka.

"Kalau oknum-oknum pastilah selalu ada, tetapi saya kira mahasiswa itu lebih murnilah. Relatif mereka lebih punya kapasitas intelektual. Pasti mereka menjaga diri tak mau ditunggangi berbagai pihak baik yang pro maupun kontra," kata dia.

Simak selengkapnya soal demo di halaman berikutnya.

Saksikan Video 'Mahasiswa Bakal Demo di Istana dan DPR, Sampaikan 7 Tuntutan':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT