Jejak Panjang Debat Panas Eks Jubir KPK Vs Fahri Hamzah, Terbaru Isu Migor

ADVERTISEMENT

Jejak Panjang Debat Panas Eks Jubir KPK Vs Fahri Hamzah, Terbaru Isu Migor

Matius Alfons - detikNews
Rabu, 20 Apr 2022 16:26 WIB
Fahri Hamzah dan Febri Diansyah
Foto: Repro detikcom

4. Saling Tunjuk Jubir Jokowi

Kemudian yang masih hangat pada akhir 2021, Fahri Hamzah dan Febri Diansyah sempat adu argumen soal juru bicara Presiden Jokowi. Saat itu, Fahri menyarankan Febri menggantikan Fadjroel Rachman, yang ditunjuk menjadi duta besar, sebagai jubir Jokowi.

Hal itu disampaikan Febri Diansyah di akun Twitter resminya, seperti dilihat Selasa (26/10). Febri tertawa merespons penilaian Fahri Hamzah soal sikap Febri yang dingin saat menjabat jubir KPK dan cocok menjadi corong Istana.

"Hahaha2 ngakak baca ini..@Fahrihamzah ga bales di twit tp muncul di @detikcom," kata Febri.

Membalas respons Febri Diansyah, Fahri Hamzah mengatakan Febri sosok yang masih muda. Mengucapkan itu, Fahri seraya memberi simbol senyum kepada Febri.

"Ente masih muda bro..maenkan..," ujar Fahri.

5. Soal Minyak Goreng

Yang terbaru, Febri Diansyah dan Fahri Hamzah berdebat soal penetapan tersangka Dirjen Perdagangan Luar Negeri terkait kasus dugaan ekspor minyak goreng. Febri Diansyah yang awalnya menyoroti kinerja KPK lalu mencolek Fahri Hamzah lewat akun Twitternya.

Febri Diansyah lewat akun Twitternya, @febridiansyah, mengkritik KPK yang justru sibuk dengan dugaan pelanggaran kode etik pimpinan KPK di saat Kejaksaan Agung mengusut penyidikan kasus mafia minyak goreng.

"Ketika KPK jadi sorotan tentang dugaan penerimaan gratifikasi pimpinan & skandal internal, Kejaksaan Agung mengumumkan penyidikan korupsi mafia minyak goreng," kata Febri lewat cuitan di akunnya seperti dilihat detikcom, Rabu (20/4/2022).

"Apakah KPK benar-benar akan jadi masa lalu, dilupakan dan ditinggalkan? Pertanyaan ini hanya bisa dijawab dengan kinerja, bukan gimik," kata dia.

Kemudian, pada cuitan selanjutnya Febri Diansyah mencolek Fahri Hamzah yang disebutnya kerap memuji KPK era Ketua KPK Firli Bahuri. Dia menyinggung logika jika KPK tak menangkap koruptor, berarti korupsi sudah turun.

"Tapi @Fahrihamzah tampaknya lebih sering memuji KPK yang sekarang. Mungkin juga dianggap lebih baik setelah 2 tahun lebih di bawah kepemimpinan periode ini. Kalau KPK nggak nangkep koruptor, berarti korupsi sudah menurun. Apa mungkin begitu logikanya?" kata Febridiansyah sembari mencolek Fahri Hamzah dengan emoticon senyum.

Fahri lantas menjawab Febridiansyah lewat cuitannya. Apa kata Fahri Hamzah?

"Dulu yang kerja cuma Ente, bro... Kejaksaan tidur... Polisi tidur... Sistem tidak bekerja," kata Fahri Hamzah.

Dimintai konfirmasi, Fahri Hamzah menjelaskan lebih lanjut perihal cuitannya kepada Febri Diansyah. Dia memuji KPK saat ini lantaran, katanya, pemberantasan korupsi tidak maksimal lantaran KPK berjalan sendiri mencari sensasi pada masa lalu.

Meski begitu, Fahri tidak memungkiri KPK saat ini juga harus dikritik karena terlalu menyisir kasus di daerah. Sementara Kejagung yang justru menyisir kasus-kasus besar.

"Memang kita kritik KPK karena ada gejala menyisir daerah sementara kejaksaan mencoba menyisir kasus-kasus besar tetapi kalau itu kita lihat sebagai orkestrasi, maka itu sebuah perbaikan," katanya. Dia memastikan siapa pun akan kecewa jika melihat pemberantasan korupsi sebagai kerja satu lembaga.


(maa/gbr)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT