ADVERTISEMENT

NasDem Anggap Amien Rais Cinta Jokowi: Luhut Picu 'Matahari Kembar'

Rolando Fransiscus Sihombing - detikNews
Senin, 18 Apr 2022 19:50 WIB
Bendahara Umum Partai NasDem Ahmad Ali
Ahmad M. Ali (Ari Saputra/detikcom)
Jakarta -

Waketum Partai NasDem Ahmad Ali menilai kritik Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais terhadap Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai bentuk cinta. Sedangkan di sisi lain, Menko Marves Luhut Binsar Pandjiatan dinilai terlalu dominan dan menimbulkan 'matahari kembar'.

"Ya itu kan bentuk kecintaan Amien Rais kepada Jokowi sebenarnya, jadinya melihat bahwa Pak Luhut sudah keluar dari rel membuat Pak Jokowi menjadi semacam ada dua matahari kembar, ya kan?" kata Ahmad Ali kepada wartawan, Senin (18/4/2022).

"Jadi tentunya itu persepsinya Amien Rais. Nah saya lihat itu lebih pada kecintaan Pak Amien Rais kepada Pak Jokowi," imbuhnya.

Ali menyarankan Luhut tak mengurusi di luar tugas pokok dan fungsinya (tupoksi) selaku Menko Marves. Hal itu agar tak menimbulkan kesan ada matahari kembar.

"Terus kemudian Pak Jokowi nyaman-nyaman saja kan, tapi sebaiknya Pak Luhut tak terlalu masuk di luar kewenangan dia sehingga kemudian tidak muncul matahari kembar," ujar anggota Komisi III DPR RI ini.

Ujung-ujungnya, menurut Ali, Jokowi yang 'dipojokkan', sehingga terkesan akhirnya semua tindakan Luhut diminta pertanggungjawabannya kepada Jokowi. Contohnya demo menolak jabatan 3 periode dan penundaan pemilu.

"Artinya Pak Luhut harus menahan diri, kalau saya melihat pernyataan Pak Amien Rais. Jadi pertanyaan itu bentuk dukungan Pak Amien pada Pak Jokowi sih," ucap Ali.

Ali pun tak memungkiri bahwa Luhut terlihat lebih dominan di lingkup kabinet menteri Jokowi. Sekali lagi, Ali menyarankan Luhut lebih menahan diri.

"Iya artinya kalau kita lihat seperti sekarang ini memang semua orang mengatakan (Luhut) dominan, karena dia tidak lagi bekerja berdasarkan tupoksi dia, tapi mencampuri urusan orang lain kan. Makanya saya katakan seperti perdana menteri kan," imbuhnya.

Ketua Majelis Syuro Partai Ummat Amien Rais sebelumnya kembali mengkritik Presiden Jokowi dan Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan. Dia meminta Luhut mengundurkan diri.

"Saya ingin membuat rekomendasi untuk rezim Jokowi-Luhut, pertama seyogianya Pak Luhut segera mengundurkan diri," kata Amien Rais di acara Milad 1 Tahun Partai Ummat, yang disiarkan langsung di akun YouTube Partai Ummat, Minggu (17/4).

Amien Rais mengklaim sebagian masyarakat sipil sudah tak percaya kepada Luhut. Dia lantas mengutip Masinton Pasaribu yang pernah mengkritik Luhut.

"Sebagian besar masyarakat sipil saya yakin sudah tidak percaya lagi dengan Pak Luhut, dan Masinton Pasaribu yang lebih tahu itu mengatakan saya bersedia ditembak daripada mencabut pernyataan saya bahwa Luhut adalah biang kerok, saya nggak tega ya tapi itu menurut Pak Masinton," ujarnya.

Simak video 'Gencarnya Amien Rais Serang Luhut Binsar Pandjaitan':

[Gambas:Video 20detik]



(rfs/isa)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT