ADVERTISEMENT

Peradi Belum Coret Nama Hotman Paris dari Keanggotaan, Ini Alasannya

Anggi Muliawati - detikNews
Senin, 18 Apr 2022 16:42 WIB
Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi)
Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) belum mencoret nama Hotman Paris dari keanggotaan. Apa alasannya?

"Kita belum coret sampai sekarang. Karena sedang kita pelajari apa yang sikap kita sebelumnya. Dia kan meminta supaya dicoret. Apakah kalau kami coret kami salah atau tidak, kan begitu. Karena apa? Kewajiban itu di tangan dia menjadi anggota organisasi advokat. Secara kami pribadi-pribadi tidak ada masalah dia mengundurkan diri. Itu fine-fine saja. Tapi secara undang-undang kami harus mencermatinya, apakah ini melanggar atau tidak," ujar Ketua Umum Peradi Otto Hasibuan, di Sekretariat Peradi, Slipi, Jakarta Barat, Senin (18/4/2022).

Otto mengatakan keputusan Hotman Paris tidak masuk ke ranah pribadi. Menurutnya pengunduran diri Hotman merupakan hal wajar.

"Oh, ya tidak mungkin lah. Karena itu kan, tidak mungkin kita masuki ranah pribadi dia. Setiap orang kan bisa berpendapat, setiap orang bisa berkehendak, kami tentunya tidak bisa menghalangi-halangi, kan begitu. Bagi kami fine-fine saja kalau dia mengundurkan diri, buat kami tidak ada masalah kan. Tapi jangan sampai itu menjadi pelanggaran buat kami," katanya.

Dia menyebut pengunduran diri Hotman Paris masih dalam pembahasan. Dia menyebut yang menjadi pertimbangan terkait pengunduran diri Hotman, yakni harus mengacu pada UU advokat.

"Mengenai pengunduran dirinya ini sekarang ini sedang dibahas oleh Peradi. Terus terang saja pengunduran diri itu bagi kami tidak ada masalah sebenarnya, secara institusi, secara pribadi, fine-fine saja. Itu kan hal-hal yang bukan merupakan persoalan serius buat kami," katanya.

"Yang menjadi serius bagi kami, kenapa harus kami bicarakan adalah, karena ada ketentuan UU Pasal 30 ayat 2 menyatakan setiap advokat yang diangkat berdasarkan UU ini, wajib menjadi anggota dari organisasi advokat itu," lanjutnya.

Seperti diketahui, pengacara kondang Hotman Paris menyatakan dirinya keluar dari organisasi Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi). Hotman menyebut dia sudah bergabung dengan organisasi advokat lain.

"Pengumuman dari Hotman Paris sehubungan dari pemberitaan di media bahwa Hotman sudah keluar dari anggota Peradi Otto, jawaban saya benar, dan saya sudah bergabung dengan organisasi advokat lain yang sudah lama disahkan oleh Menkumham," kata Hotman melalui akun Instagramnya yang diunggah, Jumat (15/4).

Hotman juga mengatakan dia sudah memiliki kartu tanda anggota (KTA) baru dari organisasi itu. Namun Hotman enggan menyebut apa organisasi advokat baru tersebut.

(idn/idn)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT