ADVERTISEMENT

Ketum Peradi Otto Hasibuan Jawab Sindiran Hotman Paris soal Kode Etik

Anggi Muliawati - detikNews
Senin, 18 Apr 2022 16:23 WIB
Ketua Umum Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Otto Hasibuan.
Ketua Umum Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Otto Hasibuan. (Anggi/detikcom)
Jakarta -

Ketua Umum Perhimpunan Advokat Indonesia (Peradi) Otto Hasibuan menjawab sindiran Hotman Paris mengenai kode etik. Otto mengatakan yang disampaikan Hotman Paris tidak benar.

"Kami perlu membuat konferensi pers ini karena apa yang diucapkan Hotman itu tidak benar, artinya saya baik secara pribadi maupun sebagai Ketua Umum Peradi tidak pernah menyatakan hal tersebut. Kedua, saya juga tidak pernah menyatakan meminta Dewan Kehormatan untuk menindak orang tersebut," katanya kepada wartawan di Sekretariat Peradi, Slipi, Jakarta Barat, Senin (18/4/2022).

Menurutnya, advokat yang memamerkan harta di media merupakan ranah Dewan Kehormatan. Dia menyebut tidak mengetahui jelas alasan Hotman Paris menyindir soal kode etik.

"Kemarin ada yang menanyakan bagaimana pendapat Pak Otto mengenai advokat yang memamerkan hartanya? Saya jawab itu ranahnya Dewan Kehormatan bukan saya. Saya juga nggak tahu kenapa panik ya Hotman Paris membuat beberapa hal di IG, saya juga lupa, yang menuduh saya seakan-akan saya membuat pernyataan itu," katanya.

Lebih lanjut Otto mengatakan setiap harta yang dimiliki advokat merupakan penghargaan. Menurutnya, banyak atau tidak penghargaan yang dimiliki tergantung kinerja advokat itu.

"Saya selalu mengatakan uang harta, Ferrari, Lexus itu adalah halal dan sah, uang sangat perlu karena salah satu syarat kebahagiaan adalah uang, jadi itu tidak ada masalah dengan harta dan uang itu, karena uang harta itu merupakan konsekuensi logis dan seorang advokat yang melakukan tugasnya," katanya.

"Kalau advokat itu baik berkualitas baik, otomatis penghargaan juga akan semakin besar kepada advokat itu. Kalau kualitasnya kecil, ya, tentunya penghargaannya juga kecil. Kalau dia punya uang, Lexus itu konsekuensi logis, tidak jadi masalah," sambungnya.

Menurutnya, yang salah adalah ketika seseorang memutuskan menjadi advokat demi harta. Dia mengatakan hal itu merupakan tanggung jawabnya sebagai Ketua Umum Peradi untuk mengedukasi advokat baru.

"Yang saya tekankan, jangan sampai advokat baru mempunyai cara berpikir yang keliru, jangan sampai dia ingin jadi advokat karena ingin kaya dan uang, maka paradigma itu akan berpotensi dia akan menghalalkan segala cara untuk mendapatkan uang, sehingga dia berpotensi akan menggunakan hal apa pun untuk itu," katanya.

Seperti diketahui, Hotman menyindir Otto Hasibuan soal kode etik, dengan membagikan tangkapan layar postingan Otto Hasibuan di akun Instagramnya, @hotmanparisofficial, pada Jumat (15/4/2022). Terlihat Otto bersama anaknya beserta dua mobil berwarna hitam dan oranye.

"Sudah lihat itu foto-foto itu kan, jadi yang pamer siapa? Malah keluarga saya dan istri saya tidak pernah ada pamer begitu, yang suka tampil mobil mewah cuma saya. Coba lihat dia (Otto) dan keluarganya, jadi apakah kalau pamer mobil mewah itu, kalau posting itu dianggap melanggar kode etik advokat?" kata Hotman kepada detikcom, Jumat (15/4).

(idn/idn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT