Menkes Ingatkan Tetap Pakai Masker, Jangan Buru-buru Ikuti Negara Lain

Matius Alfons - detikNews
Senin, 18 Apr 2022 15:38 WIB
Menkes Budi Gunadi Sadikin
Foto: Rusman/Biro Pers Sekretariat Presiden
Jakarta -

Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin mengingatkan pemudik Lebaran 2022 tidak jemawa dan tetap menjaga protokol kesehatan. Budi mengingatkan hal yang terpenting adalah tetap memakai masker.

"Kita bisa lakukan pergerakan dengan lebih normal, tapi tetap hati-hati dan waspada. Paling penting adalah pakai masker, masker itu sudah jadi gaya hidup saya lihat ibu-ibu yang punya jilbab, jilbabnya cokelat maskernya cokelat, jilbabnya kuning maskernya kuning. Jadi saya rasa bukan sesuatu hal aneh lagi," kata Budi Gunadi saat konferensi pers, Senin (18/4/2022).

Budi berharap masyarakat, khususnya pemudik, tetap berdisiplin memakai masker. Dia menyebut Indonesia tidak perlu terburu-buru mengikuti negara lain dengan terburu-buru melepas masker.

"Kita jaga terus disiplin memakai masker, tidak usah terlalu terburu-buru mengikuti negara lain yang terlampau agresif, tapi kemudian malah naik lagi, karena sayang momentum perbaikan sudah kita capai," ucapnya.

Tak hanya itu, dia juga menyampaikan pesan Jokowi agar masyarakat tidak jemawa terkait kondisi saat ini. Meski kasus cenderung sudah rendah, kata dia, virus Corona tetap berbahaya.

"Catatan Pak Presiden sagat baik kalau kita tetap hati-hati dan waspada, kenapa? Karena tetap banyak kita belum ketahui dari virus ini dan beberapa negara tetangga, negara besar, seperti China, Hong Kong, itu masih tinggi. Kalau kita kasus hariannya 600, Korea Selatan itu ratusan ribu. Tetap arahan Pak Presiden tetap hati hati dan waspada, jangan sombong, dan jemawa ya," ujarnya.

Lihat juga video 'Menkes Ingatkan Lagi Syarat Tes COVID-19 untuk Mudik':

[Gambas:Video 20detik]

(maa/imk)