1.200 Kursi Tersedia bagi Warga Kota Tangerang untuk Mudik Gratis

Khairul Maarif - detikNews
Senin, 18 Apr 2022 14:10 WIB
ilustrasi mudik
Ilustrasi Mudik (Edi Wahyono/detikcom)
Tangerang - Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang mendukung program mudik gratis Kementerian Perhubungan (Kemenhub). Dishub Kota Tangerang menyiapkan 20 armada kendaraan untuk mudik gratis.

"Jadi program ini merupakan program dari pemerintah pusat, terkait dengan mudik gratis Lebaran 2022. Dua puluh kendaraan kalau 1.200 seat ya," ujar Kepala Dishub Kota Tangerang Wahyudi Iskandar Dishub kepada wartawan, Senin (18/4/2022).

Dia mengatakan Dishub Kota Tangerang menjadi fasilitator program yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Perhubungan Darat (Ditjen Hubdat) Kemenhub.

Wahyudi mengatakan 1.200 tempat duduk tersebut ialah kuota mudik gratis yang dimiliki Dishub Kota Tangerang. Menurutnya, kuota tersebut bisa saja lebih.

Menurutnya, saat ini posko pendaftaran untuk mudik gratis masih dibuka. Ia menjelaskan dalam sehari, kuota yang diberikan sebanyak 150 orang untuk masyarakat yang ingin daftar mudik gratis.

"Khusus untuk Kota (Tangerang) sendiri dapat kuota itu sebanyak 1.200. 1.200 ini dari hari pertama pembukaan pendaftaran dilihat hari per hari sebanyak 150 kuota pendaftaran," katanya.

"Jika dalam hari yang bersangkutan melebihi kuota, itu akan masuk ke kuota hari besoknya. Informasinya yang kami dapat jika lebih dari 1.200 akan ditambah kuota, kurang mungkin nanti kuotanya akan dialihkan di tempat lain," tambahnya.

Wahyudi menyebutkan ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar mudik gratis. Mereka dapat melangsungkan mudik gratis ini akan diberangkatkan pada 28 April 2022.

"Sampai hari ini posko itu tetap dibuka, jadi masih ada. Syarat-syarat pendaftaran itu KTP, KK persyaratan perjalanan ya, booster (vaksin) termasuk juga persyaratan perjalan lainnya yang sesuai dengan Satgas COVID, termasuk dari surat kementerian itu sendiri," bebernya. (jbr/jbr)