Cerita Dramatis Satpam Gagalkan Aksi BS Rampok Bank di Jaksel

Wildan Noviansah - detikNews
Senin, 18 Apr 2022 12:18 WIB
Polres Jaksel memberikan penghargaan kepada satpam bank yang gagalkan perampokan bank di Jaksel
Polres Metro Jaksel memberikan penghargaan kepada satpam bank yang menggagalkan perampokan bank di Jaksel. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Polres Metro Jakarta Selatan memberikan penghargaan kepada Fahriza, seorang petugas satpam yang menggagalkan perampokan Bank BJB Cabang Fatmawati, Jakarta Selatan. Perampokan itu dilakukan oleh pria berinisial BS (43), yang juga merupakan Kepala HRD di sebuah bank swasta.

Perampokan itu terjadi pada Selasa (5/4/2022). Saat itu Fahriza sedang bertugas memberikan pengamanan dan penjagaan di Bank BJB.

Fahrizal mengatakan BS tiba-tiba datang ke dalam bank. BS menyuruh semua pegawai di bank, termasuk dirinya, untuk tiarap.

"Awal mula pelaku menembakkan (peluru ke) teller untuk meminta semua petugas dan karyawan itu untuk tiarap," kata Fahriza di Polres Metro Jakarta Selatan, Senin (18/4).

Fahriza menuturkan, dia menolak tiarap hingga pelaku menembakkan senjata padanya. Akibatnya, dia tertembak dan terluka di bagian pipinya.

"Dikarenakan saya tidak tiarap, maka saya ditembak menggunakan airsoft gun terkenalah di bagian pipi saya," kata Fahriza.

Saat itu Fahriza mengetahui senjata yang ditembakkan bukan senjata api sehingga ia pun berani melawan.

"Jadi saya bisa mengetahui bahwa senjata digunakan bukan senjata api. Lukanya di sekitar pipi dua, di kepala satu," kata dia.

Fahriza menambahkan, setelah itu ia bergumul dengan pelaku. Hingga pada akhirnya, dibantu warga sekitar, dia berhasil membekuk pelaku dan dibawa keluar untuk diamankan.

"Awal mulanya dan pas terjadinya baku hantam, kebetulan si pelaku sudah berhasil saya tangkap. Jadi dibantu untuk keluar agar lebih mudah penangkapannya, dibantu juga dengan warga sekitar," tuturnya.


Satpam Diberi Penghargaan

Atas keberanian Fahriza, Polres Metro Jakarta Selatan memberikan penghargaan kepada Fahriza. Penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budhi Herdi Susianto dan digelar dalam apel pagi.

"Beliau dengan respons cepat, dengan tindakan yang tepat telah menggagalkan peristiwa percobaan pencurian dengan kekerasan yang terjadi di bank tersebut dan akhirnya pelakunya bisa ditangkap dan diproses secara hukum," kata Budhi di Polres Metro Jakarta Selatan, Senin (18/3).

Budhi mengapresiasi tindakan Fahriza. Ia menyampaikan terima kasih kepada Fahriza yang telah menggagalkan aksi percobaan perampokan tersebut.

"Saya mengucapkan banyak terima kasih, semoga ke depannya kinerja saya semakin lebih baik di area saya bertugas," kata Fahriza di tempat yang sama.

Simak juga Video: Perampokan Toko Rias Cimahi, Korban Disekap-Diikat Manekin

[Gambas:Video 20detik]



(mea/mea)