PPP: Kekerasan Israel ke Jemaah Masjid Al-Aqsa Lukai Hati Umat Islam Dunia

ADVERTISEMENT

PPP: Kekerasan Israel ke Jemaah Masjid Al-Aqsa Lukai Hati Umat Islam Dunia

Inkana Izatifiqa R Putri - detikNews
Sabtu, 16 Apr 2022 21:04 WIB
Israeli security forces take position during clashes with Palestinians demonstrators at the Al Aqsa Mosque compound in Jerusalems Old City, Friday, April 15, 2022. (AP Photo/Mahmoud Illean)
Foto: AP/Mahmoud Illean
Jakarta -

Partai Persatuan Pembangunan (PP) mengutuk sikap pasukan Israel yang menyerang jemaah Masjid Al-Aqsa Palestina saat hendak salat Subuh pada Jumat (15/4). Sekretaris Fraksi PPP MPR RI Muhammad Iqbal menilai tindakan kekerasan Israel merupakan hal yang tak dapat ditolerir.

"Kita mengutuk penyerangan terhadap warga Palestina di kompleks Masjid Al-Aqsa yang dilakukan oleh tentara Israel. Penyerangan yang telah melukai setidaknya 150 orang warga Palestina itu tidak bisa ditolerir," kata Iqbal dalam keterangan tertulis, Sabtu (16/4/2022).

Anggota Komisi I DPR RI ini juga mengatakan penyerangan tentara Israel terhadap jemaah Masjid Al-Aqsa bukan merupakan kali pertama. Sebelumnya pada tahun lalu, mereka juga melakukan hal sama, bahkan melukai setidaknya 200 orang warga Palestina.

"Tindakan kekerasan Israel itu tidak hanya melukai warga Palestina, melainkan juga melukai hati umat Islam seluruh dunia. Apalagi, Masjid Al-Aqsa mempunyai arti penting bagi umat Islam," kata Iqbal.

Lebih lanjut, Iqbal menyampaikan penyerangan tentara Israel di kompleks Masjid Al-Aqsa juga menambah daftar panjang pelanggaran hukum internasional. Mengingat telah banyak pelanggaran yang dilakukan di antaranya, pembangunan pemukiman di wilayah pendudukan Palestina, pengusiran paksa warga Palestina dari wilayah Sheikh Jarrah Yerusalem Timur, hingga penyerangan warga Palestina di Masjid Al-Aqsa.

Fraksi PPP pun menyinggung sikap Kementerian Luar Negeri yang merespons penyerangan ini melalui media sosial. Menurutnya, sikap mengecam keras melalui media sosial tak cukup, melainkan perlu langkah nyata dari pemerintah Indonesia.

"Pemerintah Indonesia sebaiknya tidak hanya mengecam kekerasan tentara Israel kepada warga Palestina di media sosial. Pemerintah Indonesia harus terus mendorong melalui forum-forum internasional agar tidak lagi terjadi kekerasan di Palestina oleh Israel," jelas politisi PPP tersebut.

Sebelumnya, Fraksi PPP DPR RI menerima kunjungan kehormatan dari delegasi philantropis Palestina, yaitu Moneer Saeed (Chairman GCPQ), Muslim Imran (Chairman PCOM-Malaysia), Ahed Abulata (Dewan Ulama Turki), Heriyanto (Biro Indonesia (PCOM), Kamis (14/4).

Dalam kunjungan tersebut, delegasi Filantropis Palestina menyampaikan keinginannya untuk memperkokoh hubungan Palestina dengan Indonesia, terutama PPP dan partai-partai Islam lain di Indonesia. Delegasi juga meminta dukungan PPP untuk perjuangan Palestina melawan serangan Israel dan mempertahankan Baitul Maqdis.

Ketua Fraksi PPP DPR RI Amir Uskara pun menegaskan pihaknya akan terus mendukung Palestina, termasuk dalam memperjuangkan Masjid Al-Aqsa.

"PPP akan terus mendukung perjuangan Palestina merdeka. Apalagi Palestina merupakan tempat kiblat pertama umat Islam, yakni Masjid Al-Aqsa," ungkap Amir.

"Ka'bah yang merupakan kiblat umat Islam saat ini adalah simbol PPP yang mewakili kepentingan umat Islam, tidak hanya di Indonesia, tapi juga di seluruh dunia. Sedangkan Palestina adalah simbol perjuangan umat Islam di seluruh dunia. PPP siap untuk melakukan kerja sama di segala bidang dengan Palestina dan akan menghadiri undangan kegiatan internasional untuk Palestina," tutupnya.

(ncm/ega)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT