ADVERTISEMENT

Laporan HAM AS Soroti Kasus Wakil Ketua KPK Lili Pintauli, ICW: Memalukan!

Dwi Andayani - detikNews
Sabtu, 16 Apr 2022 04:30 WIB
Kurnia Ramadhana
Peneliti ICW Kurnia Ramadhana (Foto: Ari Saputra-detikcom)
Jakarta -

Amerika Serikat (AS) menyorot Kasus pelanggaran etik Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar dalam Laporan Praktik Hak Asasi Manusia (HAM) di Indonesia. Indonesia Corruption Watch (ICW) menilai perbuatan Lili sebagai tindakan yang memalukan.

"Pelanggaran etik yang terjadi pada saudari Lili Pintauli Siregar memang hal yang amat memalukan," ujar Peneliti ICW Kurnia Ramadhana, saat dihubungi, Jumat (15/4/2022).

Kurnia mengatakan selama ini KPK dikenal menerapkan standar inregritas tinggi. Namun menurutnya sejak kepemimpinan Firli Bahuri banyak pelanggaran etik yang terjadi.

"Bagaimana tidak, selama ini KPK dikenal sebagai lembaga negara yang menerapkan standar integritas tinggi, namun, sejak Firli Bahuri memimpin, rentetan pelanggaran etik dan berbagai kontroversi terlihat silih berganti," tuturnya.

Kurnia lantas kembali meminta Lili dan Firli mundur dari jabatanya. Menurutnya jika hal ini tidal dilakukan masyarakat akan semakin tidak percaya dengan KPK.

"Maka dari itu, ICW sejak awal sudah mendesak agar Firli dan Lili segera menanggalkan jabatannya sebagai Pimpinan KPK. Sebab, jika tidak, masyarakat akan semakin tidak percaya kepada lembaga antirasuah tersebut," imbuhnya.

Simak Video 'Sederet Polemik yang Bikin Lili Pintauli Diadukan ke Dewas KPK!':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT