detikcom Do Your Magic

PAM Jaya Jelaskan Perkembangan Penanganan Krisis Air di City Garden Jakbar

Mulia Budi - detikNews
Selasa, 05 Apr 2022 12:03 WIB
Warga Rusunami City Garden demo di Balai Kota DKI Jakarta
Foto: Marteen Ronaldo/detikcom
Jakarta -

Perusahaan Air Minum (PAM) Jaya menjelaskan soal penanganan krisis air bersih di Rusun Milik (Rusunami) City Garden, Jakarta Barat. PAM Jaya menekankan perkembangan kasus yang mencuat ke publik adalah masalah internal antara pengelola dan penghuni.

"Saat ini, isu yang terjadi berada di luar wewenang dan kapasitas PAM Jaya maupun Palyja, dan merupakan permasalahan internal antara pengelola dan penghuni Apartmen City Garden. PAM Jaya dan Palyja berfokus pada upaya melayani permohonan sambungan air dari setiap calon pelanggan termasuk permohonan yang dilakukan oleh pengelola Apartmen City Garden," tulis Direktur Pelayanan PAM JAYA, Syahrul, dalam keterangannya, Selasa (5/4/2022).

Dia menyebut permohonan sambungan air PAM untuk mengatasi krisis sedang ditindaklanjuti. Pihaknya mengklaim telah mengecek ke lokasi, dan telah berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

"Menanggapi permasalahan sambungan air minum perpipaan yang diajukan pihak Apartmen City Garden, PAM Jaya dan Palyja sudah menindaklanjuti hal tersebut dengan melakukan koordinasi kepada pihak Pemprov DKI Jakarta untuk mencari solusi terbaik," ujarnya.

"Permohonan sambungan baru tersebut sudah ditindaklanjuti berupa pengecekan di lokasi dan penyampaian proposal untuk melakukan pemasangan sambungan baru ke Apartemen City Garden," imbuhnya.

PAM Jaya dan Palyja telah mengeluarkan MoU soal pembayaran pemasangan pipa. Namun belum ada kesepakatan sehingga progres pemasangan pipa belum berlanjut.

"Upaya percepatan pelayanan bagi apartemen City Garden juga dilakukan oleh PAM Jaya dan Palyja dengan memberikan kebijakan pembayaran secara termin yang akan dituangkan dalam MoU. Namun sampai saat ini Palyja belum menerima konfirmasi untuk kelanjutan dari MoU pembayaran secara termin atau nontermin dari pengelola Apartmen City Garden," tambahnya.

Warga laporkan DKI-Palyja ke Ombudsman