Perkara 2 Kementerian Rebutan Wewenang di RUU Bikin Legislator Murka

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 15 Apr 2022 07:20 WIB
Rapat Baleg DPR RI membahas revisi UU P3.
Rapat Baleg DPR (Foto: Tangkapan layar video)
Jakarta -

Rapat pleno Badan Legislatif (Baleg) DPR yang digelar pada Rabu (13/4) malam sempat menimbulkan keriuhan. Sebab, dua kementerian yang ikut dalam rapat tersebut malah berebut kewenangan.

Keriuhan terjadi kala pembahasan daftar investarisasi masalah (DIM) revisi Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2011 tentang Peraturan Pembentukan Perundang-undangan (UU P3). Dua kementerian yang saling berebut kewenangan yakni Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham) dan Kementerian Sekretariat Negara (Setneg).

Bunyi Pasal RUU P3 yang Bikin Riuh 2 Kementerian

Aksi saling sikut dua kementerian itu mencuat saat pembahasan kewenangan perundangan yang tertera dalam DIM Nomor 64 Pasal 85 Ayat 1 dan Ayat 2. Dua kementerian berebut kewenangan pengundangan suatu Undang-Undang.

Berikut isi Pasal 85 Ayat 1 dan Ayat 2 yang sempat bikin gaduh rapat plen Balag DPR:

Ayat (1):

Pengundangan Peraturan Perundang-undangan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 82 huruf a, huruf b, dan huruf c dilaksanakan oleh menteri yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang kesekretariatan negara

Ayat (2):

Pengundangan Peraturan Perundang-undangan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 82 huruf d dan Berita Negara Republik Indonesia sebagaimana dimaksud dalam Pasal 83 dilaksanakan oleh menteri atau kepala lembaga yang menyelenggarakan urusan pemerintahan di bidang Pembentukan Peraturan Perundang-undangan

Wakil Baleg Murka

Wakil Baleg DPR Willy Aditya menyebut pemerintah dalam ini telah melakukan tindakan memalukan. Pasalnya, rapat pleno Baleg saat itu seolah menjadi tempat adu jotos dua kementerian tersebut.

"Pemerintah ini memalukan. Bagi saya, diselesaikan saja di pemerintah. Jangan jadikan DPR sebagai fasilitator dalam keributan ini," kata Willy pada rapat di kompleks parlemen, Senayan, Rabu (13/4/2022).

Lihat juga video 'Momen Pimpinan Baleg Murka Setneg-Kemenkumham Rebutan Kewenangan RUU P3':

[Gambas:Video 20detik]



Baca berita selengkapnya di halaman selanjutnya..