NAM Air Terminal Berapa di Bandara Soekarno Hatta? Ini Infonya

Syena Meuthia - detikNews
Rabu, 13 Apr 2022 22:23 WIB
Miniatur pesawat Sriwijaya Air dan Nam Air
NAM Air Terminal Berapa di Bandara Soekarno Hatta? Ini Infonya (Foto: Reno Hastukrisnapati Widarto/detikcom)
Jakarta -

NAM Air terminal berapa perlu diketahui oleh semua calon penumpang yang ingin menggunakan layanan maskapai di Bandara Soekarno-Hatta. Selain itu kamu yang ingin mudik menggunakan jasa penerbangan pesawat juga perlu mengetahui penggunaan e-HAC yang menjadi syarat mudik naik pesawat.

Simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

NAM AIR Terminal Berapa di Bandara Soekarno-Hatta?

NAM Air terminal berapa di Bandara Soekarno-Hatta? Mengutip dari Instagram resmi NAM Air, maskapai itu mulai pindah ke terminal 1A pada tanggal 12 April 2022.

"Penerbangan NAM Air dari dan ke Bandara Soekarno Hatta, akan pindah ke Terminal 1A ya," tulis NAM Air dalam unggahan Instagram @fly_namair.

Mau Naik Pesawat, Ingat Isi e-Hac Dulu!

Informasi tentang NAM Air terminal berapa di Bandara Soekarno-Hatta telah dipaparkan. Selanjutnya, simak dulu hal penting yang perlu dilakukan sebelum terbang.

Menjelang masa mudik lebaran 2022 pemerintah telah menerbitkan aturan baru naik pesawat melalui Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan Nomor 36 Tahun 2022. Aturan tersebut berisikan Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi COVID-19.

Dilansir dari situs Sehat Negeriku Kementerian Kesehatan (Kemenkes), pengisian Electronic Health Alert Card (e-HAC) menjadi syarat mudik menggunakan transportasi udara yang menjadi tindak lanjut diterbitkan SE Nomor 36 Tahun 2022 tersebut.

"Mulai tanggal 5 April, mengisi e-HAC menjadi syarat yang harus dilakukan oleh para pemudik yang menggunakan transportasi udara," tulis Kementerian Kesehatan dalam artikelnya pada (7/4/2021) silam.

Selain itu, Kementerian Kesehatan melalui Digital Transformation Office (DTO) juga telah merilis informasi tentang tata cara pengisian e-HAC pada aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat perjalanan selama mudik lebaran 2022. Bagaimana cara pengisian e-HAC di PeduliLindungi? Simak ulasannya di bawah ini:

Tata Cara Pengisian E-HAC Melalui PeduliLindungi

Calon pemudik dengan moda transportasi pesawat terbang diwajibkan mengisi e-HAC. Petugas di bandara akan memeriksa kelayakan perjalanan melalui e-HAC yang telah diisi oleh para pemudik sehari sebelum tanggal keberangkatan atau sebelum melakukan check-in.

Untuk itu bagi kamu calon pemudik dengan pesawat perlu mengetahui tata cara pengisian e-HAC melalui PeduliLindungi. Adapun panduannya sebagai berikut:

  1. Unduh aplikasi PeduliLindungi versi terbaru
  2. Bikin akun baru atau log in bila telah memiliki akun PeduliLindungi
  3. Pilih fitur "e-HAC", lalu pilih "Buat e-HAC"
  4. Klik bagian "Domestik" untuk pelaku perjalanan dalam negeri
  5. Pilih sarana perjalanan "Udara"
  6. Pilih tanggal dan isi nomor penerbangan
  7. Apabila nomor penerbangan tidak ditemukan, isi lah data penerbangan secara manual dengan memilih nama maskapai, bandara keberangkatan, dan tujuan
  8. Pastikan informasi sesuai, lalu klik "Lanjutkan"
  9. Ketiklah "Data Personal" Anda, dapat diisi maksimal 4 orang sekaligus
  10. Selanjutnya Anda dapat mengecek kelayakan terbang. Jika dinyatakan 'layak untuk terbang', pilih simpan informasi yang telah Anda isi sebelumnya.
  11. Setelah itu, pilih "Konfirmasi" dan selesai.

Apabila pelaku perjalanan mudik nantinya mendapatkan status 'tidak layak terbang', validasi manual dapat dilakukan dengan menunjukkan sertifikat vaksin dan hasil tes antigen atau RT-PCR di PeduliLindungi atau dokumen fisik ke petugas Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) di bandara. Selain itu, pengisian e-HAC ini dalam aturan yang diberikan pemerintah tidak diwajibkan bagi anak berusia 6 tahun ke bawah yang dibebaskan dari syarat vaksinasi dan tidak wajib melakukan tes antigen atau RT-PCR sebagai syarat perjalanan.

Demikian ulasan mengenai NAM Air terminal berapa, dan aturan pemerintah tentang pengisian e-HAC yang perlu disiapkan oleh kamu yang ingin mudik lebaran 2022 menggunakan pesawat. Kamu sudah pesan tiket pesawat untuk mudik belum nih?

(izt/imk)