Citilink Terminal Berapa di Bandara Soekarno-Hatta? Simak Info Ini

Lianna Leticia - detikNews
Jumat, 08 Apr 2022 22:05 WIB
citilink
Citilink Terminal Berapa di Bandara Soekarno-Hatta? Simak Info Ini (Foto: Citilink)
Jakarta -

Citilink terminal berapa di Bandara Soekarno-Hatta? Informasi ini sangatlah penting untuk diketahui oleh para penumpang, terlebih di saat menjelang mudik lebaran 2022.

Citilink merupakan salah satu maskapai penerbangan yang beroperasi di Indonesia. Maskapai ini mengoperasikan penerbangan dari Bandara Internasional Soekarno-Hatta ke berbagai tujuan secara domestik dan juga internasional.

Berikut letak terminal maskapai Citilink untuk penerbangan domestik dan internasional.

Citilink Terminal Berapa untuk Penerbangan Domestik dan Internasional

Mengutip laman resmi Bandara Soekarno-Hatta, penjelasan terkait Citilink terminal berapa sudah diinformasikan. Operasional penerbangan maskapai Citilink terdapat di terminal 3 setelah secara resmi dipindahkan dari terminal 2 pada Juli 2020. Operasional yang dimaksud di sini tak lain adalah layanan penerbangan di rute domestik dan internasional yang ada di Soekarno-Hatta.

Aturan Baru Naik Pesawat

Tahun ini, pemerintah sudah memperbolehkan masyarakat untuk mudik lebaran di masa pandemi COVID-19. Dengan syarat, pelaku perjalanan dalam negeri (PPDN) dari dan ke daerah di seluruh Indonesia wajib memenuhi aturan baru naik pesawat yang tertulis dalam Surat Edaran (SE) Nomor 36 Tahun 2022, sebagaimana ditekan langsung oleh Direktur Jenderal Perhubungan Udara, Novie Riyanto.

Aturan baru naik pesawat berlaku mulai 5 April 2022, dengan poin sebagai berikut:

  1. Setiap PPDN wajib menggunakan aplikasi PeduliLindungi sebagai syarat perjalanan dalam negeri
  2. PPDN yang telah melakukan vaksinasi ketiga (booster) tidak perlu menunjukkan hasil negatif tes RT-PCR atau rapid antigen.
  3. PPDN yang telah melakukan vaksinasi kedua tetap harus melakukan tes COVID-19. Baik hasil rapid antigen test negatif dalam 1x24 jam keberangkatan atau hasil test RT-PCR dalam 3x24 jam keberangkatan.
  4. PPDN dengan status vaksinasi dosis pertama harus menunjukkan hasil tes RT-PCR negatif dalam waktu 3x24 jam sebelum keberangkatan.
  5. PPDN dengan penyakit khusus atau komorbid diharuskan menunjukkan:
    -Hasil rapid test RT-PCR negatif dalam waktu 3x24 jam setelah keberangkatan.
    -Melampirkan surat keterangan sehat dari rumah sakit pemerintah yang menyatakan bahwa penumpang belum dan/atau tidak dapat melakukan vaksinasi COVID-19
  6. Ketentuan berikut berlaku untuk anak di bawah enam tahun, di mana:
    -Harus didampingi oleh pendamping perjalanan yang telah memenuhi persyaratan vaksinasi dan skrining COVID-19.
    -Dikecualikan terkait persyaratan vaksinasi COVID-19
    -Hasil negatif test RT-PCR atau rapid antigen tidak diwajibkan

Protokol Kesehatan di Pesawat

  1. Gunakan masker kain tiga lapis atau masker medis yang menutupi hidung, mulut dan dagu. Selain itu, ganti masker secara rutin setiap 4 jam sekali dan buang sampah masker pada tempat yang telah ditentukan.
  2. Rutin mencuci tangan dengan sabun dan air atau hand sanitizer, terutama setelah menyentuh benda yang disentuh orang lain.
  3. Jaga jarak setidaknya 1,5 meter dari orang lain dan hindari keramaian.
  4. Telepon satu arah atau dua arah atau percakapan tatap muka tidak diizinkan selama perjalanan.
  5. Selama perjalanan kurang dari 2 jam tidak diperbolehkan makan dan minum kecuali yang harus minum obat untuk pengobatan.

Demikian informasi mengenai Citilink terminal berapa serta aturan baru naik pesawat di Bandara Soekarno-Hatta. Sudahkah Anda membeli tiket untuk mudik lebaran 2022?

(izt/imk)