AirAsia Terminal Berapa di Bandara Soekarno-Hatta? Jangan Sampai Salah Ya

Syena Meuthia - detikNews
Rabu, 13 Apr 2022 22:35 WIB
Pesawat AirAsia Indonesia tujuan Bali, terpaksa kembali ke Australia karena masalah teknis
AirAsia Terminal Berapa di Bandara Soekarno-Hatta? Jangan Sampai Salah Ya (Foto: BBC World)
Jakarta -

AirAsia terminal berapa di Bandara Soekarno-Hatta perlu diketahui oleh calon penumpang pesawat. Agar tidak salah, calon penumpang perlu mengantongi informasi terminal AirAsia apalagi jelang mudik lebaran nanti.

Berikut ulasan mengenai AirAsia terminal berapa di Bandara Soekarno-Hatta.

AirAsia Terminal Berapa Untuk Penerbangan Domestik?

Melansir dari Instagram resmi AirAsia, mulai tanggal 12 April 2022 operasional penerbangan domestik di Bandara Soekarno-Hatta mengalami perubahan yaitu dari terminal 2 kini berpindah ke Terminal 1A. Pemindahan ini dilakukan atas arahan pengelola bandara demi kenyamanan penumpang.

"Tamu AirAsia dengan penerbangan rute domestik dari dan ke Jakarta akan berangkat dan tiba di Terminal 1A mulai tanggal 12 April 2022 dan seterusnya," tulis AirAsia pada artikel situs resminya (5/4) silam.

Lalu, terminal berapa untuk penumpang AirAsia rute internasional? Cari tahu informasinya melalui ulasan di bawah ini:

AirAsia Terminal Berapa Untuk Penerbangan Luar Negeri?

Pada keterangan resminya, AirAsia memberitahukan juga bahwa penerbangan rute Internasional atau Luar Negeri tidak mengalami perubahan, yakni masih tetap beroperasi di Terminal 3 Bandara Internasional Soekarno-Hatta.

Mengutip dari situs resmi AirAsia, pihak jasa penerbangan asal Malaysia ini menyarankan seluruh pengguna jasa penerbangannya untuk memeriksa email dan SMS untuk mendapatkan pemberitahuan terkait perubahan penerbangan. Selain itu sebelum melakukan check-in, penumpang diimbau mencetak kembali boarding pass melalui aplikasi AirAsia Super App atau situs web airasia.com.

Bagi Anda yang akan menuju Terminal 1A Bandara Soekarno-Hatta bisa mengakses menggunakan mini bus/travel, taksi, bis, mobil, shuttle bus, kalayang, atau kereta bandara.

Aturan Protokol Kesehatan untuk Penumpang Mudik Dengan Pesawat

Aturan baru tentang penerbangan dalam negeri telah diterbitkan melalui Surat Edaran (SE) Kementerian Perhubungan. SE Nomor 36 Tahun 2022 mengatur tentang Petunjuk Pelaksanaan Perjalanan Orang Dalam Negeri dengan Transportasi Udara pada Masa Pandemi COVID-19. Dalam bagian akhir SE juga tercantumkan bahwa aturan tersebut mulai berlaku dari 5 April 2022.

"Surat Edaran ini berlaku pada tanggal 5 April 2022 dan sewaktu-waktu dapat diubah dan dilakukan perbaikan sesuai dengan petunjuk atau pemberitahuan dari instansi yang berwenang," tertulis pada poin penutup SE tersebut.

Bagi kalian yang ingin menggunakan jasa transportasi pesawat untuk mudik lebaran juga perlu memperhatikan protokol kesehatan yang telah diatur oleh pemerintah. Aturan protokol kesehatan naik pesawat dijelaskan di bawah ini:

  1. Menggunakan masker media dan minimal berbahan kain 3 lapis yang menutup hidung, mulut dan dagu.
  2. Mengganti masker secara berkala setiap empat jam, dan membuang limbah masker di tempat yang disediakan
  3. Mencuci tangan secara berkala ketika dalam pesawat menggunakan air dan sabun atau hand sanitizer, terlebih setelah menyentuh benda yang disentuh orang lain
  4. Memperhatikan jarak minimal 1,5 meter dengan orang lain dan menghindari kerumunan
  5. Penumpang pesawat tidak diperbolehkan untuk berbicara satu arah maupun dua arah melalui telepon ataupun secara langsung sepanjang perjalanan.
  6. Tidak diperbolehkan makan dan minum sepanjang perjalanan bagi perjalanan dengan pesawat kurang dari 2 jam, kecuali bagi individu yang wajib mengkonsumsi obat dalam rangka pengobatan yang jika tidak dilakukan dapat membahayakan keselamatan dan kesehatan orang tersebut.

Demikian informasi tentang AirAsia terminal berapa dan aturan protokol kesehatan naik pesawat di masa mudik lebaran 2022. Semoga selamat sampai tujuan.

(izt/imk)