Menkominfo Pastikan Pemerintah Tak Retas Medsos Koordinator BEM SI

Mulia Budi - detikNews
Minggu, 10 Apr 2022 17:46 WIB
Menkominfo Johnny G. Plate
Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate (Foto: detikINET/Agus Tri Haryanto)
Jakarta -

Koordinator Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) Kaharuddin mengaku akun Instagramnya, @kaharud_din, dibajak dengan mengunggah pembatalan aksi demo besok. Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny G Plate memberikan tanggapan.

"Pemerintah tidak pernah melakukan peretasan ya nggak ada tuh peretasan. Tapi peretasan yang harus kita tahu bahwa serangan siber itu setiap detik ya, serangan siber itu setiap detik, sehingga kita masing-masing harus menjaga agar ruang digital kita itu terjaga dengan baik termasuk di dalamnya enkripsi harus dijaga," Kata Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate kepada wartawan di Rumah Dinas Menkominfo, Jakarta Selatan, Minggu (10/4/2022).

Johnny mengatakan masyarakat harus rutin mengganti password atau sandi pada ponselnya. Hal itu dilakukan untuk menghindari terjadinya peretasan.

"Kita punya one time password-nya harus selalu dipakai dan sering mengganti password kita, sehingga jangan sampai terjadi hal-hal seperti itu," ujarnya.

Dia mengatakan pihaknya telah berusaha menjaga kebebasan berekspresi dan berpendapat masyarakat Indonesia, termasuk mahasiswa. Menurutnya, serangan siber memang terus terjadi.

"Yang mudah kan setiap kali ada serangan-serangan itu dituduh dalam pemerintah apalagi dalam agenda-agenda atau event-event seperti ini, padahal tugasnya pemerintah untuk jaga apalagi selama saya di sini saya menjaga betul komitmen pada kebebasan pers, ekspresi pendapat, kebebasan menyampaikan pendapat, kebebasan berbicara itu dijaga dengan baik tetapi serangan siber itu terjadi terus-menerus," tuturnya.

Jhonny kembali menegaskan supaya masyarakat mengganti password media sosial yang dimiliki secara rutin. "Sehingga kita juga harus menjaga agar selalu mengganti password kita dan jaga platform sistem penyelenggara elektronik menjaga enkripsinya dengan baik," ucapnya.

Akun Instagram BEM SI Dibajak

Sebelumnya, Koordinator BEM SI, Kaharuddin, mengaku akun media sosial miliknya dibajak. Terbaru, akun Instagram Kahar, @kaharud_din, mengunggah postingan aksi demo 11 April 2022 batal.

Dilansir dari detikSumut, Minggu (10/4/2022), Kahar mengaku akun IG-nya belum bisa dibuka olehnya. Dia menyatakan unggahan mengenai batalnya demo 11 April bukan diposting olehnya.

"Akun IG belum balik, beberapa hari sudah tidak bisa dibuka. Soal batal aksi memang dibajak juga, tetap belum bisa join sampai saat ini," ucap Kahar.

"Aksi tetap 11 April besok, ini baru selesai konsolidasi juga. Tinggal Facebook dan IG dibajak, diretas juga semua," tuturnya.


BEM SI Turunkan 1.000 Peserta Aksi

BEM SI mengklaim sudah mengirim surat pemberitahuan demonstrasi 11 April ke polisi. BEM SI mengklaim ada 1.000 orang yang bakal ikut aksi.

"Sudah, kalau untuk laporan kemarin hari Jumat (8/4) sudah masuk surat pemberitahuan aksi dan itu sudah diterima dengan baik juga, jadi insyaallah ya aman. Nanti kita kira-kira ada 1.000 orang dari kampus. Itu tersebar, ada dari daerah-daerah juga merapat ke pusat," tutur Koordinator Media BEM SI Luthfi Yufrizal kepada wartawan, Sabtu (9/4/2022).

Dia mengatakan surat itu dikirimkan ke Polda Metro Jaya. Luthfi mengatakan BEM SI menggelar demo secara damai.

Lihat Video: Ancang-ancang Polisi Bubarkan Aksi 11 April Jika Tak Berizin

[Gambas:Video 20detik]



(isa/isa)