Disdik Bekasi Bikin Edaran Imbau Ortu Periksa WA Siswa Jelang Demo 11 April

Muhammad Hanafi Aryan - detikNews
Minggu, 10 Apr 2022 14:53 WIB
Tahun Ajaran Baru 2020/2021 dimulai hari ini. Siswa-siswi di SMA Negeri 2 Kota Bekasi, Jawa Barat pun mengikuti apel Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) Tahun Ajaran 2020/2021.
Foto ilustrasi siswa SMP. (Agung Pambudhy/detikcom)
Bekasi -

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bekasi menerbitkan surat imbauan untuk orang tua siswa agar memeriksa chat di WhatsApp (WA) anak masing-masing yang berkaitan dengan wacana demo 11 April besok. Disdik Kota Bekasi meminta para orang tua untuk mencegah anak mengikuti aksi demonstrasi yang diwacanakan bakal digelar besok.

Imbauan untuk para orang tua siswa itu dituangkan dalam surat Disdik Kota Bekasi nomor 421/2920/DISDIK.Set tertanggal 9 April 2021. Surat imbauan tersebut ditandatangani langsung oleh Kepala Disdik (Kadisdik) Kota Bekasi Inayatulah dan ditujukan kepada seluruh kepala SMP, SMA, dan SMK se-Kota Bekasi.

Dalam surat tersebut, seluruh kepala SMP, SMA, dan SMK se-Kota Bekasi diperintahkan memberikan imbauan kepada para orang tua murid untuk memeriksa chat WA anak. Kepala SMP, SMA, dan SMK juga diminta memeriksa kehadiran para siswa-siswi mereka pada 11 April.

"Diharapkan orang tua memantau atau memeriksa WhatsApp putra atau putrinya, jangan sampai terprovokasi dengan ajakan yang tidak baik," kata Kadisdik Kota Bekasi Inayatullah saat dimintai konfirmasi detikcom, Minggu (10/4/2022).

"Sekolah atau guru koordinasi orang tua, bisa saja sewaktu-waktu diadakan razia," imbuhnya.

Dalam surat tersebut, ada 7 poin imbauan dari Disdik Kota Bekasi. Berikut bunyi poin-poinnya.

1. Mengecek kehadiran siswa-siswinya pada tanggal 11 April.
2. Melakukan koordinasi dengan orang tua dan komite agar memantau keberadaan putra-putrinya di sekolah maupun di luar rumah.
3. Wali kelas dan orang tua mengecek isi WhatsApp putra-putrinya.
4. Berkoordinasi dengan RT, RW atau lingkungan setempat baik lingkungan sekolah maupun rumah siswa.
5. Memberikan kegiatan yang bersifat positif dan membangun kecintaan dan kebanggaan terhadap NKRI.
6. Guru BP melakukan pembinaan dan pembimbingan kepada peserta didik.
7. Kepala Satuan Pendidikan agar mengawasi dan memantau kegiatan siswa baik di sekolah maupun di masyarakat dan diberikan kegiatan positif untuk menghindari tawuran.

Simak imbauan Kapolres Metro Bekasi di halaman berikutnya.

Tonton Video: Ancang-ancang Polisi Bubarkan Aksi 11 April Jika Tak Berizin

[Gambas:Video 20detik]