Ini Argumen RI Saat Abstain Penangguhan Rusia di Dewan HAM PBB

Danu Damarjati - detikNews
Sabtu, 09 Apr 2022 12:05 WIB
Jakarta -

Indonesia telah menyatakan abstain dalam voting penangguhan keanggotaan Rusia dari Dewan Hak Asasi Manusia (HAM) Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), Kamis (7/4). Bagaimana sesungguhnya argumen Indonesia yang melandasi sikap abstain tersebut?

Argumen Indonesia dapat disimak dalam rekaman sidang Majelis Umum PBB yang diunggah PBB di kanal YouTube-nya, United Nations, diakses detikcom pada Sabtu (9/4/2022). Indonesia menyampaikan sikapnya sebagaimana sejumlah negara lain yang mengikuti sidang ini.

Dalam voting yang digelar di Majelis Umum PBB yang beranggotakan 193 negara itu, 24 negara menentang dan 58 negara memilih abstain.

Negara-negara yang memilih abstain antara lain Indonesia, India, Brasil, Afrika Selatan, Meksiko, Mesir, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Yordania, Qatar, Kuwait, Irak, Pakistan, Singapura, Thailand, Malaysia, dan Kamboja.

Meski ada sejumlah negara abstain dan menentang, tetap yang paling banyak adalah menerima resolusi itu, yakni 93 negara setuju menangguhkan keanggotaan Rusia dari Dewan HAM PBB.

Selanjutnya, argumen Indonesia: