ADVERTISEMENT

Ariza Ungkap Upaya Atasi Macet DKI, PDIP: Itu Sudah Dikerjakan dan Tetap Macet

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 07 Apr 2022 08:49 WIB
Anggota DPRD DKI Jakarta fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak
Gilbert Simanjuntak (Foto: dok. DPRD DKI)
Jakarta -

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria atau Ariza membeberkan upaya-upaya pihaknya mengatasi kemacetan di Ibu Kota. Anggota DPRD DKI Fraksi PDIP Gilbert Simanjuntak menyebut upaya-upaya yang dibeberkan Riza Patria sudah dikerjakan, tapi tak menyelesaikan persoalan.

"Semua yang disampaikan itu sudah mereka kerjakan, dan tetap macet," ujar Gilbert saat dihubungi, Rabu (6/4/2022).

"Saya lihat apa yang disampaikan bukan hal baru, dan itu sudah dikerjakan. Dan terlihat setelah pandemi dinyatakan turun level, macet yang timbul," imbuhnya.

Gilbert mengatakan masyarakat pasti rela menggunakan transportasi publik asalkan diberi pelayanan secara baik. Anggota Komisi B DPRD DKI turut menyinggung masalah kecelakaan bus TransJakarta.

"Tentunya masyarakat akan rela pindah ke transportasi publik asalkan pelayanannya baik. Masalah kecelakaan TJ yang menewaskan orang juga sampai saat ini tidak jelas siapa yang bertanggung jawab. Publik juga melihat bagaimana manajemen transportasi secara umum," tuturnya.

Selain itu, Gilbert mengatakan masyarakat saat ini belum menjadikan sepeda sebagai alat transportasi. Anggota DPRD Dapil DKI Jakarta IV itu juga menyebut pesepeda masih merasa tidak aman melaju di jalur sepeda.

"Saya kira sepeda juga masih ke arah hobi dibanding alat transportasi. Jalurnya juga tidak dimanfaatkan pesepeda karena keamanan mereka juga kurang," ucap Gilbert.

Sebelumnya, Wagub DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan sejumlah langkah yang dilakukan pihaknya untuk mengatasi kemacetan di Ibu Kota akibat adanya pelonggaran aktivitas. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengoptimalkan transportasi publik.

"Banyak sekali yang dilakukan, di antaranya kita terus mengoptimalkan transportasi publik seperti TJ kita tingkatkan pelayanannya, kita juga mempersiapkan integrasi transportasi, kita lakukan. Kemudian integrasi ticketing, termasuk kita ingin memastikan keamanan transportasi publik sebaik mungkin," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (6/4).

Riza berbicara soal prestasi Jakarta yang berkaitan dengan penanganan kemacetan. Meskipun mendapat penghargaan, Riza mengakui pihaknya perlu melakukan perbaikan di berbagai aspek.

"Sekalipun DKI Jakarta mendapat award daripada transportasi, kita tetap melakukan perbaikan-perbaikan," ujarnya.

Politikus Gerindra itu lantas menyinggung peran masyarakat dalam mengatasi kemacetan. Dia mengimbau agar masyarakat beralih menggunakan transportasi publik atau sepeda ketika beraktivitas. Nantinya, langkah ini bakal diiringi oleh peningkatan sejumlah fasilitas, termasuk menambah jalur sepeda di Jakarta.

"Yang paling penting adalah dukungan masyarakat itu sendiri, agar nanti semaksimal mungkin kita gunakan kita manfaatkan transportasi publik agar DKI Jakarta bisa lebih baik lagi, termasuk juga peningkatan jalur sepeda juga kita tingkatkan," imbuhnya.

Simak juga 'Catat! Ini Jam-jam Paling Macet di Jakarta':

[Gambas:Video 20detik]



(drg/zak)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT