ADVERTISEMENT

Wagub DKI Ungkap Upaya Pemprov Atasi Kemacetan Jakarta

Tiara Aliya Azzahra - detikNews
Rabu, 06 Apr 2022 14:02 WIB
Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria
Riza Patria (Tiara Aliya/detikcom)
Jakarta -

Wakil Gubernur (Wagub) DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengungkapkan sejumlah langkah yang dilakukan pihaknya untuk mengatasi kemacetan di Ibu Kota akibat adanya pelonggaran aktivitas. Salah satu upaya yang dilakukan adalah mengoptimalkan transportasi publik.

"Banyak sekali yang dilakukan, di antaranya kita terus mengoptimalkan transportasi publik seperti TJ kita tingkatkan pelayanannya, kita juga mempersiapkan integrasi transportasi, kita lakukan. Kemudian integrasi ticketing, termasuk kita ingin memastikan keamanan transportasi publik sebaik mungkin," kata Riza di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, Rabu (6/4/2022).

Riza berbicara soal prestasi Jakarta yang berkaitan dengan penanganan kemacetan. Meskipun mendapat penghargaan, Riza mengakui pihaknya perlu melakukan perbaikan di berbagai aspek.

"Sekalipun DKI Jakarta mendapat award daripada transportasi, kita tetap melakukan perbaikan-perbaikan," ujarnya.

Politikus Gerindra itu lantas menyinggung peran masyarakat dalam mengatasi kemacetan. Dia mengimbau agar masyarakat beralih menggunakan transportasi publik atau sepeda ketika beraktivitas. Nantinya, langkah ini bakal diiringi oleh peningkatan sejumlah fasilitas, termasuk menambah jalur sepeda di Jakarta.

"Yang paling penting adalah dukungan masyarakat itu sendiri, agar nanti semaksimal mungkin kita gunakan kita manfaatkan transportasi publik agar DKI Jakarta bisa lebih baik lagi, termasuk juga peningkatan jalur sepeda juga kita tingkatkan," imbuhnya.

Jakarta Macet Lagi

Sebagaimana diketahui, macet di Jakarta kembali terjadi. Polisi pun mengungkap penyebab kemacetan yang kembali terjadi di Ibu Kota.

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menyebut dalam sepekan terakhir memang terjadi peningkatan volume kendaraan. Peningkatan ada pada kisaran 10 sampai 18 persen.

Ahmad Riza Patria sebelumnya membeberkan peningkatan volume kendaraan karena aktivitas masyarakat mulai normal akibat pelonggaran.

"Mulai macet itu kan karena memang sudah mulai normal kembali kita. Sejak 2 tahun pandemi, kita sudah mulai normal kembali, jadi sudah pelonggaran-pelonggaran. Seperti yang sudah disampaikan pemerintah pusat, sudah dibuka," kata Riza di DPRD DKI Jakarta, Jl Kebon Sirih, Jakarta Pusat, Selasa (5/4).

Riza mencontohkan aktivitas yang sudah dilonggarkan meliputi pembelajaran tatap muka 100 persen hingga transportasi publik yang kapasitasnya dibolehkan 100 persen. Sehingga Riza menilai kondisi Jakarta mulai normal meski statusnya PPKM level 2.

(taa/dek)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT