ADVERTISEMENT

TB Hasanuddin Dapat Info RI Segera Kirim Bantuan Kemanusiaan ke Ukraina

Adhyasta Dirgantara - detikNews
Kamis, 07 Apr 2022 04:17 WIB
Cagub Jabar TB Hasanuddin menjalani syuting Blak-blakan DCandidate detikcom di Jakarta
Foto: Anggota Komisi I DPR Fraksi PDIP TB Hasanuddin (Rachman Haryanto)
Jakarta -

Menteri Luar Negeri (Menlu) RI Retno Marsudi mengatakan pengiriman bantuan kemanusiaan Indonesia terhadap rakyat Ukraina sedang dipertimbangkan. Anggota Komisi I DPR RI Mayjen (Purn) TB Hasanuddin mendengar bantuan itu akan dikirim segera.

"Akan dikirim segera," ujar Hasanuddin saat dimintai konfirmasi, Rabu (6/4/2022).

Hasanuddin menjelaskan pengiriman bantuan yang dilakukan Indonesia kepada Ukraina itu baik untuk dilakukan. Anggota DPR Fraksi PDIP itu menyebut bantuan yang diberikan berupa makanan untuk anak-anak hingga obat-obatan.

"Pengiriman bantuan dalam konteks kemanusiaan saya kira baik baik saja, terutama makanan untuk anak-anak dan obat-obatan," tuturnya.

Terpisah, anggota Komisi I DPR lainnya, Effendi Simbolon, menyebut rakyat Ukraina menjadi korban invasi Rusia yang sangat mengenaskan. Kolega Hasanuddin di Fraksi PDIP itu menegaskan pihaknya mendukung bantuan kemanusiaan segera dikirim.

"Ya baik-baik saja. Kita lihat sendiri masyarakat Ukraina itu kan jadi korban agresi invasi Rusia, itu kan sangat mengenaskan. Saya kira kita dukung bantuan, mungkin dalam waktu dekat (dikirim)," ucap Effendi dihubungi terpisah.

Sebelumnya, Menlu Retno Marsudi mengatakan Ukraina dalam beberapa kali kesempatan meminta bantuan ke beberapa negara, termasuk RI. Permintaan bantuan itu berupa pangan, yang disebut sudah menipis.

"Wakil Menteri Luar Negeri Ukraina menyampaikan bahwa bahan pangan sudah sangat menipis. Karena itu, Ukraina dalam beberapa kali kesempatan telah meminta bantuan kemanusiaan kepada semua negara, termasuk Indonesia, terutama dalam bentuk bahan pangan," kata Retno dalam rapat bersama Komisi I DPR di kompleks parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/4).

Retno mengatakan RI tengah mempertimbangkan untuk memberikan bantuan kepada rakyat Ukraina. Menurutnya, ini demi kemanusiaan rakyat Ukraina.

"Dan demi kemanusiaan, Indonesia sedang mempertimbangkan untuk memberi bantuan kemanusiaan untuk rakyat Ukraina," ujarnya.

Simak Video 'Menlu Retno: 32 WNI-Staf KBRI Pilih Tetap Tinggal di Ukraina':

[Gambas:Video 20detik]



(drg/zak)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT