Menlu Respons Effendi Simbolon: Saya Akan ke Eropa Kunjungi Anggota G20

Eva Safitri - detikNews
Rabu, 06 Apr 2022 21:52 WIB
Menlu Retno Marsudi
Menlu RI Retno Marsudi (Dok. detikcom)
Jakarta -

Anggota Komisi I DPR Fraksi PDIP Effendi Simbolon mendorong Presiden Jokowi mengambil peran dalam penyelesaian konflik Rusia vs Ukraina dengan berkunjung ke negara tersebut. Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mencatat masukan Effendi Simbolon tersebut.

"Saran itu kita catat dengan baik. Tetapi tadi saya sampaikan, dari sejak mulai 24 Februari kita sudah bergerak, semua kita hitung. Jadi kalau kita bergerak, semua kita hitung. Usul kita dengarkan, dan kita akan lihat, kita akan hitung kembali semuanya," kata Retno di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (6/4/2022).

Retno memastikan penyelenggaraan G20 sudah bergerak sejak awal dan memberikan kontribusi terkait konflik Rusia-Ukraina. Sebab, menurutnya, G20 akan berdampak jika konflik tersebut tidak kunjung selesai.

"Tapi yang saya lihat presidensi G20 Indonesia sudah bergerak dari awal bagaimana kita bisa berkontribusi, memberikan masukan mengenai penyelesaian masalah Ukraina. Karena, kalau semakin panjang nggak selesai, dampaknya akan ke G20 dan ke kita semua," ujarnya.

Retno mengatakan pihaknya akan berupaya intensif mengunjungi negara G20 di Eropa. Dia akan bertemu dengan pimpinan negara-negara G20 satu per satu untuk mengupayakan penyelesaian konflik Rusia-Ukraina.

"Jadi kita akan intensifkan upaya kita. Tadi saya sampaikan, kemungkinan besar saya juga akan berjalan ke Eropa untuk bicara satu per satu dengan anggota G20, bagaimana mencari cara paling baik untuk mengatasi situasi yang sangat sulit ini. Jadi Insyaallah, kita bismillah, mudah-mudahan kita akan bisa," tuturnya.

Simak pernyataan Effendi Simbolon yang direspons Menlu di halaman berikutnya.