ADVERTISEMENT

Makin Longgar Syarat Masuk RI dari Luar Negeri Saat Corona Terkendali

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 06 Apr 2022 21:05 WIB
Wide-angle view of a modern aircraft gaining the altitude outside the glass window facade of a contemporary waiting hall with multiple rows of seats and reflections indoors of an airport terminal El Prat in Barcelona
Ilustrasi (Getty Images/iStockphoto/skyNext)
Jakarta -

Syarat masuk bagi pelaku perjalanan luar negeri ke Indonesia makin longgar. Pelonggaran dilakukan saat Corona di RI sudah mulai terkendali.

Aturan mengenai syarat masuk ke RI ini tertuang dalam Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 17 tentang Ketentuan Perjalanan Luar Negeri pada Masa Pandemi COVID-19. SE ditandatangani oleh Ketua Satgas COVID-19 Suharyanto dan berlaku efektif mulai 5 April 2022.

Berikut ini syarat masuk ke RI yang makin longgar:

1. Syarat Masuk Indonesia Tanpa Tes PCR

Pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) dibolehkan tidak melakukan tes PCR masuk ke Indonesia dengan beberapa kategori. Kategori itu adalah PPLN yang terdeteksi tidak memiliki gejala COVID-19 dan memiliki suhu tubuh di bawah 37,5 derajat Celsius dapat melanjutkan perjalanan tanpa PCR. Akan tetapi ada ketentuan sebagai berikut:

a. PPLN belum bisa mendapatkan vaksinasi atau telah divaksin dosis pertama minimal 14 hari sebelum keberangkatan diwajibkan melakukan karantina selama 5x24 jam.

b. PPLN usia di bawah 18 tahun dan/atau membutuhkan perlindungan khusus, maka karantina mengikuti ketentuan yang diberlakukan kepada orang tua atau pengasuh/pendamping perjalanan.

c. PPLN dengan kondisi kesehatan khusus atau penyakit komorbid yang menyebabkan pelaku perjalanan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi COVID-19, diperkenankan melanjutkan perjalanan dengan wajib melampirkan surat keterangan dokter dari Rumah Sakit Pemerintah negara keberangkatan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan belum dan/atau tidak dapat mengikuti vaksinasi COVID-19.

2. Masuk ke RI Tanpa Karantina-Tes PCR

Dalam SE 17/2022, PPLN yang sudah divaksin dosis kedua atau dosis booster tidak perlu menjalani karantina dan tes RT-PCR dengan ketentuan:

a. Terdeteksi tidak memiliki gejala COVID-19
b. Memiliki suhu tubuh di bawah 37,5 derajat Celsius dapat melanjutkan perjalanan tanpa perlu menjalani karantina dan PCR

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT