PPLN Baru Sembuh dari Corona Dapat Kelonggaran Masuk RI, Ini Aturannya

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 06 Apr 2022 11:16 WIB
Ilustrasi Bandara Manchester
Foto: Ilustrasi pesawat (Getty Images/jremes84)
Jakarta -

Pemerintah kembali melonggarkan aturan pelaku perjalanan luar negeri (PPLN). Pelaku perjalanan luar negeri yang terkena COVID-19 maksimal 30 hari bebas dari kewajiban tes RT-PCR.

Aturan terbaru ini diterbitkan dalam Surat Edaran Satgas COVID-19 Nomor 17 Tentang Ketentuan Perjalanan Luar Negeri Pada Masa Pandemi COVID-19.

SE tersebut diteken langsung oleh Ketua Satgas COVID-19 Suharyanto. Aturan ini berlaku efektif mulai tanggal 5 April 2022. Pengecualian ini tertuang dalam 4 poin g. PPLN yang terkonfirmasi positif COVID-19 maksimal 30 hari sebelum keberangkatan tak perlu menunjukkan kartu vaksinasi dan hasil tes negatif RT-PCR. Begini bunyi aturannya.

g. dalam hal PPLN yang pernah terkonfirmasi positif COVID-19 maksimal 30 hari sebelum keberangkatan dan telah dinyatakan tidak aktif menularkan COVID-19, dikecualikan terhadap kewajiban menunjukkan kartu/sertifikat vaksinasi COVID-19 dan hasil negatif RT-PCR sebelum keberangkatan dengan syarat wajib melakukan pemeriksaan ulang RTPCR saat kedatangan dan melampirkan surat keterangan dokter atau COVID-19 recovery certificate dari Rumah Sakit Pemerintah negara keberangkatan atau kementerian yang menyelenggarakan urusan pemerintah di bidang kesehatan pada negara keberangkatan yang menyatakan bahwa yang bersangkutan sudah tidak aktif menularkan COVID-19;

Sementara itu, bagi WNA PPLN, diwajibkan untuk melampirkan kepemilikan asuransi kesehatan. Hal ini diatur dalam poin h.

h. bagi WNA PPLN, melampirkan bukti kepemilikan asuransi kesehatan yang mencakup pembiayaan penanganan COVID-19 dan evakuasi medis menuju rumah sakit rujukan dengan minimal nilai pertanggungan sesuai yang ditetapkan oleh penyelenggara, pengelola, atau pemerintah daerah setempat;

Bagi yang sebelumnya tidak terkena COVID-19, aturannya bisa dibaca di halaman selanjutnya.