Vonis Mati Herry Wirawan, Komisi VIII DPR: Agar Pedofil Berpikir Seribu Kali

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Selasa, 05 Apr 2022 05:10 WIB
Herry Wirawan, Guru Perkosa Santriwati di Bandung
Herry Wirawan (Foto: istimewa)

Ace menilai hukuman mati Herry Wirawan ini memberikan efek psikologis kepada korban. Dia berharap dengan hukuman mati kepada pelaku ini dapat membantu korban pulih dengan cepat.

"Selain itu, bagi korban juga setidaknya memberikan efek psikologis dalam konteks pemulihan bahwa pelakunya diberikan hukuman. Dengan demikian, trauma healing-nya bisa berlangsung dengan cepat sehingga para korban dapat merasakan keadilan hukuman," tuturnya.

Lebih lanjut, Ketua DPP Golkar itu meminta restitusi kepada korban segera diberikan. Ace juga berharap kasus Herry Wirawan ini menjadi pelajaran bersama.

"Penegak hukum juga harus memastikan soal restitusi bagi korban. Ini penting agar masa depan mereka terjamin terutama bagi korban di bawah umur. Harapan yang paling utama adalah hukuman ini merupakan pelajaran bagi siapa pun main-main dengan kekerasan seksual terutama terhadap anak. Ada hukuman berat bagi pelakunya," katanya.

Majelis hakim Pengadilan Tinggi (PT) Bandung sebelumnya menjatuhi hukuman mati terhadap Herry Wirawan. Lalu, apa alasan hakim memperberat hukuman pemerkosa 13 santriwati itu?

"Menimbang bahwa dengan memperhatikan fakta hukum yang terungkap dalam persidangan majelis hakim tingkat pertama, maka majelis hakim tingkat banding berkeyakinan terhadap terdakwa haruslah diberikan pidana yang setimpal dengan perbuatannya. Namun pidana tersebut yang dapat memberikan efek jera dan menjadi contoh bagi orang lain agar tidak melakukan perbuatan yang serupa dengan perbuatan terdakwa," ucap hakim PT Bandung dalam putusannya seperti dilansir detikJabar, Senin (4/4).


(lir/maa)