Singgung Pluto Saat Luruskan Pemberitaan, Ini Arahan Kapolda Metro soal SOTR

ADVERTISEMENT

Singgung Pluto Saat Luruskan Pemberitaan, Ini Arahan Kapolda Metro soal SOTR

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 03 Apr 2022 14:10 WIB
Kapolda Metro Jaya
Irjen Fadil Imran (Iswahyudi/20detik)
Jakarta -

Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran mengatakan dirinya tidak ujug-ujug menjadi Kapolda kala meluruskan soal sahur on the road (SOTR). Bahkan Fadil menyebut tak datang dari Planet Pluto lalu menjadi Kapolda Metro.

"Jadi tolong teman-teman media pemberitaannya diluruskan, saya sudah mengeluarkan maklumat yang saya larang itu melakukan kegiatan-kegiatan yang merusak kemuliaan bulan suci Ramadan. Jadi bukan saya larang melakukan sahur di jalan," kata Fadil di Terminal Pulo Gebang, Jakarta Timur, Minggu (3/4/2022).

Fadil menyebut dirinya tak secara tiba-tiba menjadi Kapolda Metro Jaya. Dia kemudian menyinggung bukan datang dari Pluto lalu jadi Kapolda.

"Saya ini nggak ujug-ujug jadi Kapolda, nggak datang dari Planet Pluto jadi Kapolda Metro, saya pernah jadi kapolsek dua kali di Jakarta, jadi saya bisa membedakan mana yang mau beribadah mana yang mau membuat kriminal," tuturnya.

Arahan Kapolda Antisipasi SOTR

Menjelang Ramadan pada Kamis, (31/3/2022) lalu, Fadil memberikan sejumlah arahan. Hal itu disampaikan Fadil dalam acara Tactical Floor Game (TFG) Kesiapan Pengamanan Ramadan dan Idul Fitri 1443 H.

"Tidak ada lagi yang melakukan tindakan-tindakan dengan pendekatan biasa saja," kata Fadil dalam arahannya di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (31/3).

Fadil meminta agar SOTR diantisipasi. Kegiatan SOTR saat ini dinilai lebih banyak mudaratnya dibanding manfaatnya.

"Mulai dari sekarang kita siapkan betul agar fenomena trek-trekan, balapan liar, penggunaan mercon, tawuran di pagi hari pada saat orang-orang melaksanakan sahur, ketika orang sibuk mempersiapkan untuk melaksanakan salat malam terganggu karena kegiatan-kegiatan sekelompok orang," katanya.

"Saya minta betul-betul diantisipasi. Sahur on the road, ngabuburit, kemudian fenomena kejahatan yang menyertai di bulan Ramadan dan menghadapi Idul Fitri (pengamanannya) harus semakin baik," kata Fadil.

Simak juga 'Presiden Jokowi: Selamat Menunaikan Ibadah Puasa, Tetap Disiplin Prokes':

[Gambas:Video 20detik]



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT