Ramai Peziarah, Lalin di Sekitar TPU Karet Bivak Macet

ADVERTISEMENT

Ramai Peziarah, Lalin di Sekitar TPU Karet Bivak Macet

Dwi Rahmawati - detikNews
Minggu, 27 Mar 2022 14:28 WIB
Ramai Peziarah, Lalin di Sekitar TPU Karet Tengsin Macet
Foto: Ramai Peziarah, Lalin di Sekitar TPU Karet Tengsin Macet (Dwi Rahmawati-detikcom)
Jakarta -

Menjelang Ramadan Taman Pemakaman Umum (TPU) Karet Pasar Baru Barat, Karet Tengsin, Tanah Abang dipadati peziarah. Arus lalu lintas di Jalan KH Mas Mansyur padat merayap.

Pantauan detikcom, Minggu (27/3/2022) pukul 13.15 WIB arus lalu lintas menuju Pejompongan dan Tanah Abang tersendat kurang lebih 1 kilometer. Hal ini diperparah dengan keberadaan mobil dan motor peziarah yang terparkir di ruas jalan.

Angkutan umum (angkot) arah Tanah Abang sesekali berhenti membuat jalan semakin padat.

TPU Karet Pasar Baru Barat, bukan hanya diramaikan peziarah melainkan sejumlah pedagang mulai dari tukang bunga, sampai jajanan pasar. Salah satu warga, Yuni (40) menyebut datang dari Bekasi untuk mengunjungi makam sang ayah menjelang bulan Ramadan.

Peziarah hendak nyekar ke makam keluarga untuk memanjatkan doa dan membersihkan makam. Tradisi ini juga dimanfaatkan warga sekitar untuk meraup rezeki.

Ramai Peziarah, Lalin di Sekitar TPU Karet Tengsin MacetRamai Peziarah datangi TPU Karet Bivak (Dwi Rahmawati-detikcom)

"Saya rumahnya di Bekasi ziarah orang tua bapak, menjelang puasa silahturahmi. Tadi datang sekitar jam 12.00 WIB," kata Yuni saat ditemui di lokasi, Minggu (27/3).

Selain itu, ada juga warga yang membawa seluruh anggota keluarga untuk mengunjungi makam orang tua. Dikatakan, Sila Paramita (44) ziarah sudah menjadi tradisi mendekati bulan puasa.

"Saya ke sini ziarah orang tua, abang, semua di sini keluarga. Ncang, ncing, nenek, kakek, bapak, kakak. Saya dari Tanah Koja, Cengkareng dari jam 11.30 WIB. Ke sini ramai-ramai sama keluarga karena memang tradisi. Nanti (menjelang) lebaran ke sini lagi," kata Paramita.

Sementara itu, salah satu tukang parkir di TPU Karet Pasar Baru berujar lalu lintas di lokasi sedikit lancar dibandingkan pagi hari. Menurutnya, sekitar jam 10.00 sampai 11.00 jalanan macet hingga polisi turun tangan.

Perlu diketahui, di Jalan Karet Tengsin terdapat dua pemakaman umum, yakni TPU Karet Bivak dan TPU Karet Pasar Baru atau dikenal Karet Tengsin. Ramainya peziarah membuat arus lali lintas menjadi padat karena penyempitan jalan.

Simak juga 'Ramadan Tahun Ini, Masjid Istiqlal Gelar Buka Puasa Bersama':

[Gambas:Video 20detik]



(dwia/dwia)


ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT